Berita Nasional Terpercaya

Tolak Usulan Presiden 3 Periode, Jokowi: Ada yang Ingin Saya Jatuh

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo dengan tegas menolak usulan jabatan presiden menjadi tiga periode. Ia menilai, usulan itu seperti hendak mendorong dirinya supaya jatuh tersungkur.

?Usulan itu menjerumuskan saya,? kata Jokowi melalui akun Twitter resminya, @jokowi, Minggu (2/12/2019).

Jokowi menegaskan dirinya adalah produk pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, berdasarkan konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden maksimal dua periode.

?Saya adalah produk pemilihan langsung berdasarkan UUD 1945 pasca reformasi. Posisi saya jelas, tidak setuju dengan usul masa jabatan presiden tiga periode,? tulis Jokowi lagi.

Jokowi sepertinya enggan ikut berpolemik dengan usulan tersebut. Baginya yang lebih penting adalah menyelesaikan masalah tekanan dari pihak luar yang tidak mudah diselesaikan.

Sebelumnya, Wakul Ketua MPR Arsul Sani mengungkapkan kemunculan usulan perubahan terkait masa jabatan presiden.

Masa jabatan presiden diusulkan berubah menjadi satu kali saja atau tiga kali masa jabatan. Belakangan Arsul Sani menyebut usulan itu muncul dari anggota Fraksi Nasdem.

Hal yang sama dikatakan Wakil Ketua MPR lainnya, Hidayat Nur Wahid. Ditegaskannya, Fraksi Nasdem mendorong agar amandemen UUD 1945 juga membahas masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Sekretaris Fraksi Nasdem DPR RI Saan Mustopa menjelaskan usulan fraksinya adalah amandemen menyeluruh terhadap UUD 1945. Amandemen yang diusulkan selain soal GBHN, juga terkait dengan pemisahan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Namun Saat tidak menampik gagasan soal amandemen menyeluruh terkait dengan masa jabatan presiden. Namun dia menyebut gagasan soal masa jabatan presiden itu tidak spesifik.

?Jadi enggak ada secara spesifik kita bicara, misalnya jabatan presiden tiga periode. Belum bicara ke situ. Tapi kita akan melihat soal gagasan amandemen konstitusi itu kita lemparkan dulu ke publik. Setelah itu kita simpulkan,? tuturnya, Jumat (22/11). (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.