Berita Nasional Terpercaya

Teknologi Virtual Reality Dipakai untuk Mengadvokasi Penyandang Disabilitas di FFD 2019

0

YOGYA, BERNAS.ID – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengadvokasi para penyandang disabilitas. Salah satunya, seperti yang dilakukan Forum Film Dokumenter (FFD) 2019, dengan memproduksi sekaligus pemutaran film dokumenter mengenai kehidupan nyata penyandang disabilitas.

Sebanyak 8 Film Dokumenter Virtual Reality (VR) hasil dari workshop FFD diputar dan didiskusikan Rabu (3/12/2019) di IFI Yogyakarta. Semua pembuat film dari Project The Feelings of Reality ini turut hadir untuk mendiskusikan filmnya.

Alwan Berlian selaku Project Officer Program The Feelings of Reality mengatakan, film dokumenter yang diputar merupakan hasil workshop yang dilakukan di empat wilayah yakni Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, dan Sumbawa. Film tersebut merupakan hasil produksi oleh filmmaker bersama dengan FFD yang dikerjakan dari rentang tahun 2018-2020. Program tersebut dilakukan secara bertahap, mulai dari proses penelitian atau riset, workshop, produksi, distribusi, ekshibisi, dan bermuara di pengarsipan.

?Saat ini kami memasuki tahap distribusi film dalam bentuk kegiatan private screening,? jelasnya.

Alwan meneruskan, kegiatan private screening berupa pemutaran film hasil workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi berupa virtual reality sebagai wahana mendapatkan pengalaman menonton yang lain. Di samping itu juga sebagai medium untuk membicarakan wacana disabilitas dan kontekstualisasinya dengan program tersebut.

?Setelah dilakukannya pemutaran, kami juga mengajak peserta sekalian untuk diskusi mengenai Virtual Reality (VR) sebagai medium untuk mengadvokasi isu difabel juga kemungkinan kolaborasi di masa mendatang, guna memperluas jangkauan terhadap medium VR dan juga wacana dalam pengembangannya terkait isu yang diangkat,? sambungnya.

Delapan film dokumenter yang diputar rata-rata mengisahkan perjuangan hidup kaum difabel untuk aktif berkarya di masyarakat. Beberapa film tersebut kini bisa disaksikan juga di akun YouTube FFD The Feelings of Reality. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.