Berita Nasional Terpercaya

Pendaftaran Ditutup, Tiga Calon Perebutkan Jabatan Dukuh Selang 2

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Jadwal pendaftaran penjaringan calon perangkat desa dengan jabatan Dukuh Selang 2, di Desa Selang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul sepi peminat. Meskipun panitia telah melakukan sosialisasi maksimal, hingga berakhirnya masa pendaftaran hanya ada 3 (tiga) calon yang resmi mendaftar.

Ketua panitia penjaringan Perangkat Desa Selang Drs. Suhendra menyampaikan, sosialisasi penjaringan perangkat dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, 21-23 November 2019. Sedangkan pembukaan pendaftaran dilaksanakan pada 25 November hingga 3 Desember 2019.

?Pendaftaran kita buka selama sembilan hari kerja, namun demikian hingga hari terakhir pendaftaran kemarin hanya ada 3 orang calon dukuh, yang kesemuanya adalah warga setempat,? ungkap Suhendra, Senin, (02/12/2019).

Lebih lanjut Suhendra menjelaskan, sepinya minat masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai dukuh, kemungkinan dikarenakan dukuh harus memahami karakteristik masyarakat setempat yang akan dipimpin.

?Dengan kondisi itu maka masyarakat luar wilayah jarang dan malas untuk ikut berkompetisi walau sebenarnya warga dari manapun dapat mendaftar sepanjang WNI dan memenuhi syarat,? jelas Suhendra.

Suhendra berharap, calon terpilih nantinya mampu menjalankan tugas sesuai Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) terkait tentang tata kelola pemerintahan desa.

?Semoga yang menjadi Dukuh Selang 2 nanti dapat mengemban amanah warga serta paham betul seluk beluk warga di padukuhan yang ia pimpin,? ungkapnya.

Disinggung mengenai pelaksanaan ujian seleksi, Suhendra menyampaikan, pelaksanaan ujian berlangsung secara terbuka dan transparan. Adapun Tim Penguji hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui karena merupakan kewenangan Kepala Desa.

?Tentunya Tim Penguji yang terpilih adalah tokoh-tokoh yang berkompeten di Desa Selang. Ujiannya meliputi ujian tertulis dan praktik komputer,? tambah Suhendra.

Terpisah, Kades Selang Wardoyo saat dikonfirmasi menyampaikan, pelaksanaan ujian penjaringan Pererangkat Desa Selang jabatan Dukuh Selang 2 dapat berjalan lancar, tertib, transparan dan profesional.

?Harapan kami tentunya mendapatkan Perangkat Desa calon Dukuh yang berkualitas mampu menjalankan tugas dengan baik,? pungkas Wardoyo. (sad)

Leave A Reply

Your email address will not be published.