Berita Nasional Terpercaya

Sri Mulyani Ungkap Ada Kepala Kantor Pajak Jadi Mafia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada kepala kantor pajak yang menjadi mafia. Padahal dirinya sudah melakukan reformasi birokrasi untuk mencegah praktik korupsi sejak 15 tahun lalu.

?Kita masih melihat beberapa yang fail. Ada di kantor pelayanan pajak masih terjadi korupsi, ada yang sifatnya case, account representatives, petugas pemeriksaanya main-main atau kepala kantornya jadi mafia. Kita punya dua ekstrim case itu,? kata Sri Mulyani di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Sri Mulyani mengungkapkan belum semua kantor atau unit vertical DJP yang berhasil bebas dari tindak korupsi. Tercatat, dari 350 kantor pelayanan pajak yang tersebar di seluruh Indonesia baru 87 yang mendapatkan gelar Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan 19 kantor mendapatkan gelar Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), padahal Kemenkeu sudah menerapkan kebijakan itu sejak 2015.

Sri Mulyani kesal, gara-gara satu orang pelaku, citra buruk akan diterima oleh seluruh anak buah dan instansinya.

?Setitik itu membuat persepsi masyarakat terhadap pajak, oh seperti itu. Kan kesal dibuatnya. Padahal hanya satu yang seperti itu semuanya jadi dipersepsikan seperti itu. That?s pengkhianat, saya jadi kesal dibuatnya,? ucap Ani, panggilan akrabnya.

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia telah berkomitmen menciptakan lingkungan birokrasi bebas korupsi sejak 2004, atau sejak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mencanangkan Hari Anti Korupsi Dunia pada 9 Desember. Namun sampai saat ini masih terlihat beberapa tindak korupsi di lingkungan instansinya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.