Berita Nasional Terpercaya

Sportourism di Sleman Paling Diminati dan Ditunggu Wisatawan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Untuk yang kedua kalinya setelah tahun 2018, Sleman melalui Dinas Pariwisata meluncurkan Calender of Event untuk tahun 2020. Ada sekitar 150 event wisata berskala nasional dan internasional yang akan digelar.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan kalender event wisata ini bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada publik dan pelaku industri pariwisata terkait agenda kegiatan wisata dan atraksi wisata di Kabupaten Sleman sepanjang tahun 2020.”Juga sebagai ajang promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan lama tinggal wisatawan,” jelasnya di sela-sela kegiatan peluncuran Calender of Event di salah satu mall di Sleman Yogyakarta, Rabu 4 Desember 2019.

“Kalender event ini tak hanya dibuat dalam bentuk cetak dan digital, tapi diunduh dengan scanning barcode,” imbuhnya.

Sudarningsih juga menyampaikan event-event yang dilaksanakan bukan hanya diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, tetapi dari komunitas budaya dan organisasi olahraga  yang ada di Kabupaten Sleman. “Tidak hanya diisi event budaya, tetapi ada sportourism, misal yang terbaru dari Mabes Polri seperti Internasional of Association Police Women pada tanggal 6 sampai 10 September, lalu bekerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk ajang Prambanan Yoga Days,” bebernya.

Dari sekian banyak event wisata, Sudarningsih mengatakan event sportourism yang paling banyak ditunggu dan diminati wisatawan. “Sportourism ini memang sangat ditunggu-tunggu, banyak sekali peminatnya seperti Sleman Temple Run, Tour de Merapi, Tour de Jogja, Tour de Ambarukmo, dan Jogjakarta International Heritage Walk,” tuturnya.

Lanjut tambahnya, para wisatawan sudah mencatat tanggal event sportourism dan terus menanyakan, apakah tanggal pelaksanakan akan masih sama dengan tahun 2018. “Untuk itu, kita segera meluncurkan Calendar of Event sebagai informasi awal, mudah-mudahan mereka bisa segera mencatat tanggalnya sehingga bisa merencanakan kapan akan meluncur ke Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Untuk target kunjungan wisatawan di Sleman, ia mengatakan target di tahun 2019, 10 juta pengunjung wisatawan sehingga di tahun 2020 nanti, seharusnya bisa lebih meningkat lagi dengan melampaui 10 juta. “Sampai November ini, sudah tercatat 9 juta kunjungan wisatawan, tapi yakin terlampaui karena di akhir tahun seperti kunjungan di Kaliurang akan meningkat dan event-event lainnya,” katanya.

“Yang terpenting kualitasnya kita tingkatkan, seperti spending of money dan  length of stay,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.