Berita Nasional Terpercaya

5 Khasiat Kunyit, Sebagai Obat Hingga Dapat Mempercantik Diri

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, kunyit juga sangat berkhasiat untuk obat dari berbagai penyakit, bahkan sampai bahan untuk membuat produk kecantikan.

Sedikitnya ada 5 khasiat yang didapat dari rempah-rempah berwarna kuning pekat ini. Berikut khasiat dari kunyit:

1. Menyembuhkan Maag

Maag adalah penyakit yang kerap menghantui masyakarat saat ini. Seseorang menderita maag karena dinding lambungnya yang rapuh dan asam lambungnya yang tinggi. Lalu ada juga karena pola makan yang tidak teratur dan minum obat yang tidak tepat sehingga perut tidak bisa menerimanya.

Beberapa produk kesehatan menawarkan kepada kita untuk mengobati penyakit ini. Tapi kunyit akan memberikan efek penyembuhan yang nyata terhadap sakit maag jika secara kontinyu dilakukan.

Namun, jika komplikasi asam lambung sudah tinggi, bisa mengakibatkan tukak lambung (kronis) disarankan memeriksa ke dokter.

Untuk diketahui, tanaman kunyit mengandung senyawa kurkominoid, di mana senyawa ini terdiri dari kurkumin, desmotoksikumin, dan juga bisdesmitoksikurkumin. Selain itu, kunyit juga mengandung zat bermanfaat lainya yaitu minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, fosfor dan juga zat besi.

Untuk Anda yang ingin membuat ramuan kunyit berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyembuhkan maag:

– Ambil sekitar 2-3 rimpang kunyit, lalu bersihkan hingga benar-benar bersih. Setelah kupas kulit arinya.

– peras kunyit yang telah dikupas hingga mengeluarkan air. Setelah itu minum air yang dihasilkan dari perasan tersebut pagi dan sore hari secara rutin agar penyembuhan berjalan optimal.

Harus diketahui, ramuan herbal tidak bisa langsung seketika menyembuhkan penyakit, tapi harus dilakukan pengobatan secara rutin dan teratur agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

2. Mengatasi Diare

Hampir setiap orang pernah mengalami diare. Diare disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita, bisa melalui makanan, alergi atau juga karena efek mengkonsumsi obat. Rasanya perut melilit dan memaksa penderitanya bolak-balik ke ?kamar kecil?.

Jika kita sedang diare tidak ada salahnya dengan mengkonsumsi kunyit yang sudah direbus. Zat kalium dan mangnesium yang dimiliki kunyit berfungsi menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare.

3. Membuat Jantung Lebih Sehat

Khasiat kunyit juga berlaku untuk kesehatan jantung. Caranya sangat mudah dengan hanya minum air kunyit bisa menjaga kesehatan jantung lebih baik karena sifat antioksidannya akan membantu mengelola kadar kolesterol. Kunyit juga menghilangkan peradangan di jantung dan baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Cara menyajikannya pun cukup mudah. Rebus secangkir air, tambahkan sejumput bubuk kunyit. Anda juga bisa menggunakan kunyit mentah parut. Biarkan mendidih agar rasanya meresap dengan baik. Saring dan tambahkan lemon atau madu untuk menambah rasanya.

4. Masker Wajah

Tak hanya sebagai obat saja, kunyit juga memiliki khasiat menjaga kecantikan, khususnya bagi para kaum wanita. Kunyit dapat mengurangi kemerahan di wajah, menghilangkan noda, dan memperlambat kerutan.

Caranya sangat mudah, parut kunyit sehalus mungkin, kemudian dioleshkan pada wajah selama 15 menit. Harus diingat, jangan terlalu lama jika wajar Anda tidak ingin terlihat menjadi kuning.

5. Menyembuhkan Jerawat

Kunyit juga berkhasiat dapat bisa menyembuhkan dan mengurangi jerawat pada wajah Anda.

Jerawat. Caranya, hancurkan kunyit sampai halus dan campurkan sedikit madu kemudian aplikasikan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas (cuci). Lakukan secara rutin agar wajah Anda terbebas dari jerawat. (wsm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.