Berita Nasional Terpercaya

Wageningen Belanda Dinobatkan Sebagai Kampus Terhijau di Dunia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Wageningen University & Research, Belanda dinobatkan sebagai Kampus Hijau Terbaik di Dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2019. Di peringkat kedua dan ketiga ditempati University of Oxford, Inggris dan University California Davis, Amerika Serikat.

Wageningen University & Research, Belanda menjadi kampus terhijau di dunia sejak tahun 2017. Kampus Wageningen memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric, bahkan memperoleh nilai maksimal pada empat kriteria, yaitu Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim (EC), Pengelolaan Limbah(WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED).

Universitas ini merupakan universitas pertanian dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

Universitas Wageningen mendapat total skor penilaian sebesar 9074 yang terdiri dari penilaian Infrastruktur sebesar 1125, Energi dan Perubahan Iklim (1800), Penanganan Sampah (1800), Pengolahan Air (1000), Transportasi (1550), dan Pendidikan (1800).

Sementara itu, University of Oxford menunjukkan keunggulan pada Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim karena memiliki tiga sumber energy terbarukan, yaitu Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power, dan Pengelolaan Smar-eco Building yang sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Selain itu, universitas ini juga memiliki keunggulan pada Pengelolaan Limbah dan Pengelolaan Air.

University of California Davis yang berada di peringkat ketiga memiliki jurusan Environmental Science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat menjaga lingkungan kampusnya agar tetap asri.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang terkenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkat perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidupan kampus.

UI GreenMetric memilih kriteria yang dianggap penting oleh universitas yang peduli dengan isu pembangunan keberlanjutan.

Bobot penilaian Pemeringkatan UI GreenMetric of World University dilandasi tiga filosofi dasar, yakni Evnvironment, Economic, dan Equity (3?Es), dengan bobot indicator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), dan Pendidikan (18 persen).

?Saat ini terdapat 35 Koordinator Nasional dari 30 negara yang tersebar di tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika,? kata Ketua UI GreenMetric, Prof Riri Fitri dalam siaran persnya yang diterima bernas.id, Minggu (8/12/2019).

Dari tahun ke tahun, jelasnya, terjadi peningkatan peserta universitas dunia dalam pemeringkatan kampus terhijau. Tahun ini pesertanya mencapai 780 universitas dari 85 negara, bertambah dari tahun sebelumnya sebanyak 719 universitas dari 81 negara.

Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2019 yaitu Bosnia Hersegovina, Estonia, Guatemala, dan Uzbekistan. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.