Berita Nasional Terpercaya

Ini Daftar 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Manusia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Mansa Musa dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia sepanjang sejarah manusia. Kekayaan penguasa Afrika Barat abad ke-14 ini ditaksir Celebrity Net Work mencapai US$ 400 miliar atau sekitar Rp5.720 miliar.

Kekayaannya itu hampir tiga lipat kekayaan orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos. Pendiri Amazon ini mempunyai US$ 131 miliar atau sekitar Rp1.873,3 triliun. Dengan jumlah kekayaan sebesar ini, Bezos belum dapat masuk dalam daftar 10 orang terkaya sepanjang sejarah.

Selain Musa, terdapat beberapa miliader yang juga masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa.

Berikut 10 orang terkaya di dunia sepanjang sejarah seperti dilansir BBC:

1. Mansa Musa (1280-1337)

Mansa Musa merupakan seorang pewaris kekaisaar Mali yang memiliki 2.000 mil tanah. Dalam tanah tersebut, terdapat emas dan garam.

Dalam sejarah, Mansa Musa sempat menjadikan ekonomi Timur Tengah anjlok selama 10 tahun karena ia membagi-bagikan emasnya di Kairo selama ia singgalh 3 bulan di sana. Sejarawan sepakat, kekayaan Mansa Musa tidak bisa dihitung.

2. Kaisar Augustus (63 SM-14 SM)

Augustus adalah kaisar Romawi pertama yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau Kedamaian Romawi.

Sama seperti Mansa Musa, besaran kekayaannya tidak bisa dihitung.

3. Zhao Xu (1048-1085)

Kaisar Song Zhezong atau lebih dikenal dengan Zhao Xu adalah kaisar ke-7 Dinasting Song. Perekonomian Dinasti Song naik secara signifikan saat dia menjabat. Kekayaannya juga tidak bisa dihitung.

4. Akbar I (1542-1605)

Akbar I merupakan Kaisar Mughal ke-2 di Kesultanan Mughol. Kesultanan Mughol mencakup sebagian besar bagian utara dengan tengah India. Kesultanan Mughol yang membuat Taj Mahal berpualam putih di India pada masa pemerintahan Raja Shah Jahan. Kaisar Mughal ke-5 untuk mengenang kewafatan istrinya. Kekayaan tidak dapat dihitung.

5. Andrew Carnegie (1835-1919)

Andrew Carnegie adalah seorang industrialis Skotlandia-Amerika, pengusaha dan dermawan besar.

Carnegie menyerahkan sebagian besar uangnya untuk mendirikan berbagai perpustakaan, sekolah, dan univeritas di Amerika, Britania Raya, dan negara-negara lain, serta dana pension bagi mantan karyawannya.

Ia sering dianggap sebagai orang terkaya kedua di dunia dalam sejarah setelah John D Rockefeller. Pada masa itu, kekayaannya mencapai US$ 372 miliar.

6. John D Rockefeller (1839-1937)

Rockefeller adalah seorang pebisnis Amerika Serikat (AS). Ia memiliki perusahaan minyak yang bernama Standard Oil, yang menjual minyak di AS pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Ia merupakan miliader pertama dalam sejarah dunia dan dianggap sebagai orang terkaya dalam sejarah Amerika. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 341 miliar.

7. Nikolai Alexandrenovic Romanov (1868-1918)

Nikolai Alexandrovich Romanov atau lebih dikenal Nikola I adalah Tsar terakhir di kekaisaran Rusia. Kekayaannya mencapai US$ 300 miliar pada masanya.

8. Mir Osman Ali Khan (1886-1967)

Mir Osman Ali Khan adalah penguasa terakhir Hyderabad dan Berar. Pada masa kekuasaannya ia dikenal sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar US$ 2 miliar pada awal tahun 1940-an (saat ini senilai US$ 35,8 miliar) atau 2 persen dari ekonomi AS saat itu.

Sebagai perbandingan, pada masa itu pemerintah India hanya memperoleh pendapatan tahuan sekitar US$ 1 miliar saja. Total kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 230 miliar.

9. William Sang Penakluk (1028-1087)

William I dari Inggris yang lebih dikenal William Sang Penakluk dan William dari Normandia. Kekayaannya sangat melimpah dari hasil penaklukannya dan putri-putrinya menikah dengan bangsawan. Kekayaannya mencapai US$ 229,5 miliar.

10. Muammar Khadaffi (1942-2011)

Muammar Khadaffi adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai Kepala Revolusioner. Kekayaannya mencapai US$ 200 miliar. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.