Berita Nasional Terpercaya

Ketua Dewan Pengarah BPIP: Pembumian Pancasila di Kalangan ASN Sangat Penting

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden ke-5 RI yang juga sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menghadiri kegiatan Workshop Wawasan Lebangsaan Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Sosial tentang Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dalam sambutannya Megawati menyampaikan Internalisasi dan Pembumian Pancasila dikalangan PNS sangat penting untuk mengantisipasi masuknya faham-faham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Umum PDIP ini mengingatkan bahwa perang ideologi untuk menggantikan Pancasila masih terus terjadi. Oleh karena itu, kata Megawati, sangat penting untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Megawati mengatakan, dalam rangka aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah Indonesia memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara yang terencana, sistematis, dan terpadu.

Menurutnya negara akan kuat jika Pancasila diajarkan mulai dari keluarga, bahkan sejak kecil, karena Pancasila adalah dasar negara dan kehidupan masyarakat harus terus dipersatukan agar bisa menjaga keutuhan negara.

Megawati juga menyampaikan tentang perjuangan tokoh proklamator Soekarno yang berjuang untuk Indonesia dan Pancasila.

Dalam kesempatan ini Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai motor penggerak dari pemerintahan dituntut untuk meningkatkan kualitas akan tetapi juga harus berkarakter Pancasila.

“Kegiatan workshop wawasan kebangsaan tentang Internalisasi dan Pembumian Pancasila yang kita selenggarakan ini untuk mengingatkan kembali dan memastikan kembali bahwa ASN di lingkungan Kementerian Sosial adalah ASN yang berkarakter Pancasila,” kata Mensos Juliari P. Batubara.

Julian mengajak semua elemen bangsa bersama-sama menumbuh kembangkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. (van)

Leave A Reply

Your email address will not be published.