Berita Nasional Terpercaya

Penataan Jalan Sudirman Telah Selesai 90 Persen

0

YOGYA, BERNAS.ID – Guna memperbaiki kondisi fisik dan estetika Kota Jogja, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja telah menata pedestrian sepanjang Jalan Jendral Sudirman, dari simpang empat ke barat sampai Jembatan Gondolayu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Agus Tri Haryono, menjelaskan, penataan pedestrian ]alan Jendral Sudirman saat ini telah mencapai 90%, yang ditargetkan tuntas pada Minggu (22/12/2019) mendatang.

Salah satu penataan yang dilakukan yakni ducting atau pemindahan kabel fiber optik ke dalam tanah, sehingga tidak menimbulkan kesan semrawut.

“Sebagai tahap pertama penataan jaringan kabel yang ada di atas sepanjang Jalan Sudirman,” ujarnya, Senin (9/12/2019).

Adapun kabel optik yang ditata berasal dari 13 provider. Semula kabel-kabel ini berada di atas lengkap dengan tiangnya. Melalui penataan ini, tiang-tiang kabel dihilangkan dan kabel dimasukkan ke bawah jalur pedestrian berupa ducting yang berukuran 60cmX60cm dengan kedalaman 1 meter.

Sistem ducting mampu mengurangi potensi gangguan eksternal yang mempengaruhi kualiatas jaringan seperti pohon, angin, hewan, konstruksi dan lainnya.

“Tujuannya memperbaiki wajah kota sehingga terlihat elegan dan ramah pejalan kaki,” jelasnya.

Agus berharap penataan ini nantinya dapat mengurangi kepadatan Malioboro dengan mampu menarik wisatawan berkunjung. Di samping pos polisi Jalan Jendral Sudirman akan diberi icon tulisan Sudirman yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Selain itu, di pedestrian ini juga dipasangi lampu PIU dan lampu budaya yang akan semakin menambah cantik suasana. Sehingga pada perayaan tahun baru pihaknya berencana menggeliatkan keramaian di sepanjang Sudirman dan Suroto.

Lalu tahap berikutnya pada tahun depan akan dikerjakan hal serupa mulai dari Jembatan Gondolayu hingga Tugu Palputih, Jalan Diponegoro 100 meter, Jalan Margoutomo 100
meter dan Jalan AM Sangaji 100 meter.

“Paling tidak di kawasan tugu bebas dari kabel di atas. Semua provider dialihkan ke saluran bawah tanah sehingga lebih rapi,” harapnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.