Berita Nasional Terpercaya

BPIP Sebut Mayoritas Universitas di Indonesia Terpapar Aliran Wahibi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Said Aqil Siradj menyebut rata-rata universitas di Indonesia terpapar aliran Wahabi yang berujung pada sikap intleran hingga radikal. Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu universitas yang disebut menyatakan siap mencermati aktivitas yang mengancam Pancasila.

Said Aqil mengatakan awalnya ajaran Wahabi itu memiliki paham intoleran dan bisa berubah menjadi ekstrem.

?Hampir semua universitas, paling tidak terpapar Wahabi yang memiliki pemikiran yang sangat eksklusif, puritan. Mulai dari intoleran akan menjadi radikal, kemudian jadi terorisme,? kata Said Aqil Siradj di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat.

Ungkap Said, buku Sayyid Quthb yang dibaca dijadikan standar tarbiyah atau pendidikan kelompok kajian di seluruh perguruan tinggi.

?Tidak ada perguruan tinggi di Indonesia yang tidak terpapar kita Ma?alim fi ath-Thariq, kecuali universitas NU. Saya jamin itu. Universitas Indonesia (UI), Institut Teknik Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, ITS, Riau, Lampung, Makassar. Nanti tutornya panggil satu-satu akhi, ukhti,? ucapnya.

Menanggapi itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB Miming Miharja mengucapkan terima kasih telah diingatkan tentang hal aliran Wahabi tersebut dan akan terus mencermati.

Soal aliran Wahabi yang ujung-ujungnya berpotensi pada sikap intoleran seperti yang disampaikan Said Aqil, Miming mengatakan pihak ITB akan mengambil langkah jika ada aktivitas di cvitasnya yang terbukti mengancam dasar negara Indonesia.

?ITB telah dan akan mengambil langkah untuk mencegah dan menindak tegas setiap aktivitas civitas akademika yang mengancam Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan keutuhan NKRI,? tegas Miming. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.