Berita Nasional Terpercaya

SBY Ingatkan Jokowi: Rakyat Harapkan Masa Depan yang Cerah

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat bekerja kepada Presiden Joko Widodo. SBY menyebut rakyat memiliki harapan terhadap pemerintahan Jokowi periode kedua ini.

?Demokrat mengucapkan selamat bertugas kepada Bapak Jokowi dan segenap jajaran pemerintah. Rakyat sangat berharap masa depan mereka semakin cerah,? kata SBY dalam pidato refleksi akhir tahun di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Salah satu yang disoroti SBY adalah soal pekerjaan. Presiden RI ke-6 ini mengatakan banyak peralihan pekerjaan dari sektor formal ke sektor informal. Keadaan seperti ini, kata SBY, kerap diikuti menurunnya penghasilan dan tentunya daya beli masyarakat.

?Itu sebabnya Demokrat menginginkan pemerintah agar berhati-hati dalam meningkatkan biaya yang ditanggung oleh rakyat, seperti BPJS, Tarif Dasar Listrik (TDL), dan lain-lain. Perhatikan ?timing? kapan dinaikkan dan seberapa besar angka kenaikan yang tepat,? saran SBY.

Secara moral dan sosial, lanjut SBY, tidaklah bijak membebani rakyat secara berlebihan ketika ekonomi sedang susah.

Ia juga menyoroti soal pengangguran. Disebutnya, data menyebutkan bahwa prosentase dan angka kelulusan SMA, SKM, dan Perguruan Tinggi yang menganggur relatif tinggi jumlahnya.

Keadaan seperti ini, menurut SBY, tentu rawan secara sosial, politik dan keamanan. Ia pun mengungkit fenomena Arab Spring.

?Kita belajar dari pengalaman Arab Spring tahun 2011. Juga terjadinya pergerakan protes sosial di 30 negara tahun ini. Penyebab utamanya antara lain adalah kesulitan ekonomi dan banyaknya pengangguran,? ucap SBY. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.