Berita Nasional Terpercaya

DIY Siap Menuju Cyber Province

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah bekerjasama dengan Grab untuk mendukung program DIY menuju Cyber Province. Dengan peran PT Grab Teknologi Indonesia, diharapkan harapan Pemda DIY di dalam upaya membangun Co Creation untuk suistanable economy dapat terwujud.

?Di mana pemerintah DIY sudah membangun suistanable cukup lama. Dengan aplikasi ini diharapkan mampu membantu pekerjaan kita semua,?ujar Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Jumat (13/12/2019) di acara penandatanganan kerjasama di kompleks Kantor Gubernur DIY.

Menurut gubernur, pemerintah harus melakukan investasi di bidang infrastruktur Tehnologi Informasi (IT), terus menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu, pemerintah DIY menggandeng Grab karena Grab juga telah melakukan investasi infrastruktur melalui aplikasi.

?Kecuali untuk programnya Grab sendiri membutuhkan SDM. Nah sama-sama investasi itu kita kerjasamakan,? kata Sultan.

Dengan demikian, saat DIY sudah tersambung dengan sistem online-nya, maka secara otomatis tidak hanya akan berhubungan dengan Grab saja, tetapi dengan kota-kota lain yang ada di seluruh dunia. Jadi menurut Sultan, kerjasama ini hanya pola masuk saja dan secara bertahap pemerintah DIY harus berinvestasi agar Cyber Province terjadi.

Sebagai bentuk lemerintahan yang kredibel, Sultan memang mensyaratkan teknologi ini harus bisa diakses oleh khalayak umum. Jadi kerjasama ini hanya salah satu kemungkinan untuk mengembangkan jaringan.

?Karena kita memerlukan jaringan, tidak investasi sendiri,? tandasnya.

Dengan jaringan tersebut, menurut Sultan DIY akan semakin kompetitif. Di samping juga memungkinkan untuk bisa mendunia, karena dengan jaringan tersebut pemerintah DIY bisa mengabarkan aktivitas budaya, aktivitas macam-macam kepada masyarakat internasional.

Managing Director PT Grab Indonesia, Neneng Goenadi menuturkan melalui kerjasama ini, Grab akan mendukung program pemerintah DIY seperti program di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, pemuda dan olah raga dengan menggunakan teknologi. Kerjasama tersebut tidak sekedar dalam bentuk aplikasi semata, namun juga dalam berbagai hal.

?Bagaimana Grab bisa membantu para usaha kecil menengah untuk bisa menggunakan teknologi,? tegasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.