Berita Nasional Terpercaya

Masjid Kampus Berperan Kembangkan Toleransi dan Moderasi Agama

0

BANTUL, BERNAS.ID- Masjid kampus memiliki peran dan andil sebagai pembina dalam mengembangkan toleransi aktif dan moderasi agama. Sebab, masjid kampus sangat bisa membangun karakter di masyarakat, khususnya melalui konteks pendidikan karakter.

Prof Dr Ismunandar, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Belmawa Kemdikbud RI) meyakini Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) sangat berperan dalam membangun karakter masyarakat. “Terkait dengan pendidikan karakter , saya rasa AMKI memiliki peran dan andil untuk menanamkan karakter yang baik pada mahasiswa,? ujarnya.saat menjadi Keynote Speaker dalam acara pembukaan workshop nasional AMKI bertema ?Revitalisasi Peran Masjid Kampus Dalam Rangka Pemberdayaan Umat Menuju Pengokohan Ideologi Bangsa? di Gedung KH Ibrahim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (14/2).

“Selain itu, AMKI juga berperan sebagai pembina untuk mengembangkan toleransi aktif dan moderasi agama menuju Indonesia maju, sesuai dengan tema AMKI hari ini,” imbuhnya.

Peran tersebut menurut Prof Ismunandar dapat dibentuk melalui literatur keagamaan dengan mengajarkan pendidikan agama dalam masyarakat majemuk. ?Bukan dengan saling menghakimi kepercayaan orang lain, tapi melalui Pancasila. Karena Pancasila merupakan titik temu antara agama dan demokrasi, melalui prinsip kesetaraan warga negara di depan hukum (citizenship), dan kohesivitas sosial sebagai modal kultural dan modal sosial bangsa Indonesia,? imbuhnya.

Dalam acara pembukaan tersebut, Prof Dr Ismunandar memaparkan materi terkait metode  pendekatan pendidikan yang dipilih Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem, yaitu 6C creative, critical thinking, compassation, connectivity, colaboration, communication,
dan computational logic atau yang lebih sering disebut 6C.

Sedangkan, Ketua Umum AMKI, Prof Ir Hermawan menjelaskan tujuan diselenggarakannya workshop untuk menguatkan revitalisasi fungsi masjid kampus dalam rangka pemberdayaan umat menuju pengokohan ideologi bangsa. ?Masjid kampus sebagai salah satu lembaga keagamaan memiliki tanggungjawab dalam pembentukan karakter manusia. Jadi harus difungsikan agar bisa memberikan kontribusi dalam menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkarakter patriotik Islami,? jelasnya.

Selain itu, masjid kampus sebagai lembaga dakwah Islam juga memiliki tanggungjawab untuk memberdayakan umat, terutama dalam bidang ekonomi. ?Karena itulah, kami mengadakan workshop ini, untuk melakukan koordinasi secara nasional agar fungsi masjid kampus ini bisa lebih kuat dan ada kesepakatan bersama terkait tata kelola masjid kampus. Khususnya dalam menyiapkan kader pemimpin bangsa berkarakter patriotik Islami dan pemberdayaan ekonomi umat,? pungkasnya

Rapat Koordinasi AMKI diikuti oleh 170 peserta dari 90 masjid kampus di Indonesia. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.