Berita Nasional Terpercaya

JK: Memajukan Umat dengan Berdagang seperti Rasulullah

0

BANTUL, BERNAS.ID- Masjid merupakan tempat ibadah dan pusat berkumpulnya umat muslim. Namun, masjid merupakan salah satu sumber kemakmuran bagi masyarakat dengan upaya adanya gerakan pemberdayakan  ekonomi  umat.

Muhammad Jusuf Kalla (JK), Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia dalam acara workshop dan rapat kerja nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menyebut tentang gerakan pemberdayaan ekonomi  umat melalui masjid. “Dewan Masjid Indonesia memiliki motto, yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Yang dimaksud dengan dimakmurkan adalah banyaknya masyarakat yang ramai datang ke masjid dan yang dimaksud dengan memakmurkan adalah kehadiran masjid di kalangan masyarakat untuk membawa kemakmuran bagi kemaslahatan umat,” jelasnya di Gedung KH Ibrahim  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu 14 Desember 2019.

“Masjid memiliki makna dalam kemajuan ekonomi dan sosial, oleh karena itu penting untuk memajukan masjid,?imbuhnya.

Menurut JK, masjid kampus juga  memiliki peran sebagai tempat permusyawaratan untuk meningkatkan keimanan bagi mahasiswa dan dosen serta mengabdi kepada umat melalui pembelajaran aqidah pada masyarakat. ?Masalah kronis yang perlu diperhatikan di Indonesia adalah masalah ekonomi dan tugas kita adalah bagaimana perekonomian masyarakat naik melalui masjid terutama masjid kampus memiliki peran tidak hanya sebagai tempat beribadah, tapi juga dapat meningkatkan kecerdasan dan keimanan, serta meningkatkan perekomian umat,? imbuhnya.

JK kembali menambahkan bahwa tidak hanya puasa Senin-Kamis yang perlu diterapkan dalam sunnah Rasul yang merupakan rutinitas yang dilakukan oleh Rasulullah, namun perlunya meneladani kehidupan Rasullah tentang bagaimana memajukan umat dengan meneladani kehidupan Rasul melalui berdagang.

Dengan menanamkan jiwa entrepreneurship untuk meneladani kehidupan Rasul, lanjut JK, secara tidak langsung dapat memajukan masyarakat melalui berdagang. ?Tugas masjid kampus adalah mendorong umat dengan mendatangkan pengusaha sukses yang disekitar masjid untuk berbagi pengalaman dalam berdagang serta memunculkan motivasi masyarakat untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Sehingga peran masjid kampus tidak hanya membangun karakter bangsa namun juga membangun ekonomi masyarakat,? tutupnya.(jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.