Berita Nasional Terpercaya

Inilah Para Pemenang Festival Film Puskat 2019

0

SLEMAN, BERNAS.ID ? Studio Audio Visual (SAV) Puskat Yogyakarta mengumumkan pemenang Festival Film Puskat (FFP) 2019 pada Malam Penganugerahan ?Ruedi Hofmann Media Award?, Sabtu (14/12/2019) malam.

Terdapat dua kategori dalam festival bertema ?Membangun Semangat Demokrasi? ini, yakni kategori film dokumenter dan kategori cerita.

Untuk kategori dokumenter, terpilih juara I yakni film Pindah Rumah produksi Tannaya Art Makassar, berkisah mengenai nilai gotong royong di tengah masyarakat. Dikisahkan, di suatu desa di Sulawesi Selatan, masih ada tradisi gotong royong warga yang masih mau bersama-sama mengangkat memindahkan rumah secara fisik.

Juara II film Demokrasi Akar Rumput produksi JKA Film Pictures yang mengisahkan makna demokrasi di kalangan rakyat. Juara III film Lakon Piwulanging Jagad, produksi Empat Satu Production Yogyakarta, yang berkisah tentang dalang perempuan. 

Special Mention untuk kategori ini adalah film Bioskop Kecil, produksi Eagle Institute Indonesia Jakarta, yang mengisahkan kehidupan anak tuna rungu yang di-bully oleh teman-temannya.

Sedangkan untuk kategori film cerita pendek; juara I film berjudul Jimpitan produksi Sebelas Cinema Pictures Bantul, juara II film Hompimpa produksi Suryakanta Production Kartosuro, juara III Segelas Kopi Pahit produksi Omah Duwur Production, dan Special Mention film Pintu Harap Ditutup Kembali produksi Noise Film Jogja.

Untuk tahun ini tidak ada pemenang harapan I,II dan III di masing-masing kategori.

Salah satu juri FFP 2019, Romo FX Murti Hadi Wijayanto SJ menyebutkan, tema yang dipilih mungkin susah dipahami, atau terlalu berat diflmkan. Karena itu jumlah film yang masuk hanya 35 film, menurun dibanding tahun lalu, yang sebanyak 76 film. Sebanyak 35 film terdiri dari 7 film dokumenter dan 25 film cerita pendek.

“Banyak yang menyorot sisi gelap di negeri ini, dengan money politics,” ujarnya.

Ia menambahkan, bersamaan  dengan rangkaian FFP 2019, dilakukan juga soft opening Kampoeng Media Puskat. Terdapat bazar dan pameran seni rupa selama seminggu di kawasan SAV Puskat.

“Untuk tahun depan festival film akan digelar lagi pada bulan Agustus, namun temanya belum ditentukan,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.