Berita Nasional Terpercaya

Dadap Serep Cara Jitu Penurun Demam

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dadap Serep atau Erythrina Orientalis adalah tumbuhan besar yang dapat tumbuh besar hingga puluhan meter. Tumbuhan ini termasuk kedalam tumbuhan hutan.

Tahukah kamu, meskipun tergolong kedalam tumbuhan hutan, dadap serep ini bisa dengan mudah ditanam di pekarangan rumah sebagai penghijauan. Eitss, tapi jangan menganggap tanaman ini biasa saja lho, kenapa? Karena tanaman ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuhmu. Terutama disaat kamu sedang sakit demam.

Dalam daun dadap serep mengandung senyawa antipretik. Senyawa antipretik ini adalah senyawa yang dapat menekan suhu tubuh. Jadi, saat tubuhmu diserang demam daun dari dadap serep ini dapat menjadi solusi penurun demam tanpa mengkonsumsi obat-obatan kimia. 

Dadap serep dapat dijadikan sebagai paracetamol alami. Khasiat dari dadap serep sebagai penurun demam sendiri sudah menjadi rahasia umum.

Masyarakat tradisional atau masyarakat pedesaan dahulu sering menggunakan daun dadap ini untuk penurun suhu tubuh dikala demam. 

Tak hanya senyawa antipretik saja yang ada di daun dadap serep, senyawa yang lain antara lain senyawa Flavonoid, Alkaloid, Arilbenzofuran, Stilbena dan Pterocarpans yang dapat membantu mengatasi penyakit malaria. Senyawa 8prenyl Daizein, Alpinum Isoflavone, Shinpterocarpine dan Phaseollin yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. 

Pengaplikasian daun dadap serep ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan cara merebus beberapa lembar daun saja. Namun, hendaknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan sebelum mengkonsumsi air rebusan daun dadap serep ini. 

(Arif Nur Salim, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan PBSI, Universitas Negeri Yogyakarta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.