Berita Nasional Terpercaya

Gubernur Riau Pastikan Hadir Resmikan Kantor Baru Komisi Informasi Riau

0

PEKANBARU Bernas.id – Gubernur Riau H Syamsuar dipastikan menghadiri dan sekaligus meresmikan kantor Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (30/12/2019) siang. Dijadwalkan, Gubri di saat bersamaan juga mengukuhkan Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau.

Ketua Komisi Informasi (KI) Riau Zufra Irwan,SE dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (27/12/2019) mengungkapkan, semula peresmian dijadwalkan pada Senin pagi. Tapi karena Gubernur ada kegiatan lain, peresmian diundur jadi siang hari.

“Jadi, sudah dipastikan peresmian oleh Pak Gubernur yang dilaksanakan ba'da Zuhur,” ujar Zufra.

Peresmian itu akan diawali makan siang bersama. Dilanjutkan dengan penandatanganan piagam peresmian Kantor Komisi Informasi oleh Gubernur. Terakhir, Gubernur akan melakukan ketok palu perdana pemakaian ruang sidang Majelis Komisioner KI Riau.

“Alhamdulillah sekarang kita sudah memiliki ruang sidang yang lebih representatif. Sekaligus merupakan ruang persidangan terbesar di antara ruang sidang Komisi Informasi se-Indonesia,” kata Zufra yang juga wartawan senior Riau.

Sementara itu terkait pengukuhan Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau, menurut Zufra akan dilaksanakan usai peresmian Kantor KI di tempat yang sama.

For-KI Riau merupakan lembaga independen yang dibentuk sebagai mitra Komisi Informasi dalam mensosialisasikan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No 14 tahun 2008. Forum ini akan ikut mengawasi pelaksanaan amanat UU KIP dan Permendagri No 3 tahun 2017 oleh badan-badan publik yang ada di Provinsi Riau.  Dalam hal ini Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama maupun pembantu. 

Ketua Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (For-KI) Riau H Novrizon Burman secara terpisah mengatakan kesiapan lembaganya untuk bermitra dengan Komisi Informasi Riau. “Kehadiran For-KI Riau memang bertujuan untuk mensupport KI Riau dalam menjalankan fungsinya, terutama sosialisasi dan penguatan keterbukaan informasi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Novrizon yang juga Pemimpin Redaksi RiauSatu.com.

Pembentukan pengurus For-KI Riau dilaksanakan Minggu lalu oleh sejumlah wartawan senior Riau yang concern dengan Keterbukaan dan Transparansi Informasi. Hadir dalam pembentukan itu segenap komisioner KI Riau yang dipimpin Ketua Zufra Irwan,SE.

Adapun susunan pengurus dan anggota For-KI Riau periode 2019-2024 yang akan dikukuhkan Gubernur Riau adalah sebagai berikut. 
Penasehat Gubernur Riau
Pembina Komisioner KI Riau dan Ketua Komisi I DPRD Riau.

Pengurus Harian; Ketua: H Novrizon Burman (Riausatu.com); Sekretaris: Tun Akhyar (MataPers.com); Bendahara: Amril Jambak (Menitriau.com). Koordinator Bidang Sosialisasi KIP: Mohd. Moralis (Riaumandiri.id), Bidang Pengawasan KIP: Bambang Irawan Syahputra (Berazam.com).

Anggota: Hendri Agustira (Pekanbaru MX), Taufik Hidayat (RiauKepri.com), M Erizal (Riau Pos), Yadi Ismael (Harian Vokal), Nurmadi (Harian Haluan Riau), Zulmiron (Hariantimes.com),  Romi Juniandra (Bertuahpos.com), Satria Jelprison (cakaplah.com), HM Ikhwan (Parasriau.com), M Yasir (Rakyat Riau), Luna Agustin (Iniriau.com), Abidah (Ranahriau.com). (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.