Berita Nasional Terpercaya

Arus Kendaraan ke Malioboro Akan Dialihkan 7Jam Sebelum Pergantian Tahun

0

YOGYA, BERNAS.ID– Polresta Jogja siap mengalihkan arus lalu lintas yang akan masuk ke kawasan Malioboro sekitar pukul 17.00 WIB pada Selasa (31/12/2019), jelang malam terakhir tahun ini. 

Kasat Lantas Polresta Jogja Kompol Yugi Bayu Hindarto menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas menjelang memasuki malam pergantian tahun.  Tetapi rencana itu sangat menyesuaikan dengan situasi arus di lapangan sehingga bisa sebelum pukul 17.00 WIB atau setelahnya baru dilakukan rekayasa. 

“Rencana jam 5 [pukul 17.00 WIB] mulai ada pengalihan, tetapi kami menyesuaikan di lapangan bisa lebih cepat atau bisa lebih lambat tergantung situasi, karena kondisi arus yang di lapangan enggak bisa dipastikan, tetapi perkiraan kami jam 5 [pukul 17.00 WIB] sudah mulai banyak warga yang datang,” katanya Mingu (29/12/2019). 

Ia menegaskan dalam rekayasa tersebut semua kendaraan bermotor yang akan mengarah ke Malioboro dialihkan. Ia mencontohkan arus dari JaIan Mataram maupun dari arah bawah Jembatan Kleringan (Abu Bakar Ali) yang akan masuk ke Malioboro langsung dialihkan menuju JaIan Pasar Kembang. Begitu juga dari sektor selatan Malioboro, ke kawasan titik nol kilometer sudah mulai banyak pengunjung, maka arus dari arah timur akan dialihkan menuju ke selatan tepatnya Jalan Brigjen Katamso. 

Kondisi serupa juga akan diberlakukan dari sektor barat, pengalihan arus dilakukan dari Jalan KH Ahmad Dahlan untuk dibelokkan ke jalan Bhayangkara atau RS PKU Muhammadiyah ke utara. 

“Beberapa sirip-sirip kawasan Malioboro yang biasanya memberikan akses masuk ke Malioboro juga akan ditutup, sehingga tidak ada arus yang masuk,? ungkapnya. 

Kondisi arus lalu lintas di Kota Jogja terpantau sangat padat pada Minggu (29/12/2019) atau tiga hari sebelum malam pergantian tahun. Kepadatan terutama terjadi di sejumlah kawasan wisata. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.