Berita Nasional Terpercaya

IKM Papua Harus Ditingkatkan Agar Tidak Ketinggalan dengan Daerah Lain

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Perkembangan Industri Kecil Menengah di Kawasan Papua, ingin dipercepat oleh Saleh Husin, selaku Menteri Perindustrian.

“Kami optimistis dengan potensi Papua baik mineral, migas hingga industri kecil menengah berbasis kebudayaan. Semangat kita adalah meningkatkan nilai tambah yang dapat dinikmati masyarakat Papua,? ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, pada Jumat (29/1).

Seperti halnya pada tas tradisional Papua yang bernama Noken. Tas tradisional ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan tak benda. Selanjutnya, tas ini dikembangkan dan dipadukan dngan berbagai kreasi termasuk fashion.

Penggunaan pupuk organik cair yang sudah digunakan di beberapa daerah seperti NTB, Jawa Barat, Gorontalo, dan Jawa Timur, diharapkan bisa memacu produksi perkebunan dan pertanian di Papua. Hal ini sangat diperlukan, agar Papua tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lain.

?Beberapa saran pengembangan antara lain untuk pengolahan buah merah sebaiknya di Tolikara dan buah merah di Wamena. Sedangkan produksi garam rakyat di Kabupaten Intan Jaya,? jelasnya.

Namun, masih ada beberapa masyarakat yang membutuhkan bimbingan, seperti di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Leave A Reply

Your email address will not be published.