Berita Nasional Terpercaya

China Ngeledek, Kapalnya Masih Berkeliaran di Perairan Natuna

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kapal-kapal nelayan China masih bertahan di Laut Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (5/1/2020). Merespon itu, TNI menambah kekuatan untuk mengusir kapal-kapal tersebut.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) 1 TNI Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan kapal-kapal asing tersebut bersikukuh menangkap ikan yang berjarak sekitar 130 mil dari Perairan Ranai, Natuna. Mereka juga dikawal oleh coast guard (kapal pengawal) negaranya.

?Mereka didampingi dua kapal penjaga pantai dan satu kapal pengawas perikanan China,? kata Yudo saat konferensi pers di Pangkalan Udara TNI AL Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Minggu (5/1/2020).

Yudo menyebut TNI sudah melakukan gelar operasi dengan menurunkan dua unsur KRI yang bertugas mengusir kapal-kapal nelayan asing tersebut keluar dari Laut Natuna. Tak hanya itu, kapal-kapal coast guard China juga diusir.

?Kami juga berkomunikasi secara aktif dengan kapal penjaga pantai China agar dengan sendirinya mereka segera meninggalkan perairan tersebut,? jelasnya.

Yudo menjelaskan, operasi ini tidak memiliki batas waktu, sampai kapal-kapal China betil-betul sudah tidak ada di wilayah maritime Indonesia. Dia pun memastikan kekuatan militer TNI di Natuna akan ditambah.

?Fokus kami sekarang ialah menambah kekuatan TNI di sana. Besok akan kami gerakkan empat unsur KRI lagi untuk mengusir kapal-kapal itu,? tutur Yudo.

Berdasarkan pendeteksian saat ini, yang memasuki Laut Natuna hanya kapal nelayan China. Kapal nelayan dari negara lain, seperti Vietnam, tidak berani lagi masuk ke zona tersebut.

?Kapal nelayan Vietnam sudah banyak kami tangkap. Mereka tidak berani lagi masuk,? pungkas Yudo. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.