Berita Nasional Terpercaya

Bagaimana Peran BLKPP dalam Pengentasan Kemiskinan di DIY?

0

YOGYA, BERNAS.ID – DPRD DIY melakukan peninjauan ke Kantor Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Kamis (16/1/2020). Kunjungan dilakukan untuk mengetahui kinerja BLKPP dan juga Disnakertrans DIY terkait ketenagakerjaan.

Ketua Komisi D DPRD DIY Koeswanto menerangkan, kunjungan pihaknya adalah untuk mengetahui penjelasan pihak eksekutif tentang program ketenagakerjaan DIY 2020. Pihaknya juga ingin mengetahui capaian yang dilakukan Disnakertrans DIY, khususnya lewat BLKPP.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Andung Prihadi Santosa menjelaskan, BLKPP selama ini telah banyak melayani masyarakat, namun masih kurang dikenal. BLKPP dinilainya sudah berperan penting menurunkan angka pengangguran terbuka di DIY.

“Angka pengangguran terbuka DIY tahun 2018 rangking 6 tersedikit. Tahun 2019 sudah bisa menjadi peringkat dua di bawah Bali,” terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini pengangguran yang masih ada di DIY didominasi oleh lulusan SMK dan universitas. Karena itu pihaknya terus berusaha meningkatkan daya saing tenaga kerja lewat berbagai program.

“Di tahun 2020 secara singkat ada program peningkatan kualitas tenaga kerja, ada pelatihan keterampilan pencari kerja atau tenaga kerja profesional dan pengukuran produktivitas kerja dan pemasaran usaha,” jelasnya.

Ia meneruskan, ada empat pelatihan ketenagakerjaan strategis yang digelar oleh pihaknya di tahun 2020, guna pengentasan kemiskinan. Keempatnya adalah, desain pakaian, salon kecantikan, pembuatan kue/pastry, dan desain grafis.

“Untuk desain pakaian ada yang pakaian muslim dan pakaian bebas, yang hasilnya sudah dipasarkan sampai Eropa,” jelasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.