Berita Nasional Terpercaya

Situs Paling Populer “YouTube”, Inilah Sosok Dibaliknya

0

USA, HarianBernas.com – Steven Shih “Steve” Chen atau Steve Chen lahir di bulan Agustus 1978, dia adalah seorang pengusaha internet keturunan Taiwan-Amerika. Steven Chen adalah co-founder dan pendiri dari situs YouTube. Dia Dibesarkan di Taiwan, Chen dengan keluarganya lalu berimigrasi ke Amerika saat ia berusia 15 tahun.

Setelah lulus dari University of Illinois di Urbana-Champaign, dia lalu bekerja di PayPal dimana ia bertemu Chad Hurley serta Jawed Karim. Di tahun 2005, ia serta dua orang lainnya mendirikan YouTube, website yang dirancang untuk membuatkan video. Dia menjabat menjadi Chief Technology Youtube sebelum dijual kepada Google sebanyak 1,65 milyar.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

YouTube dengan cepat tumbuh sebagai salah satu Web situs terpopuler di dunia dan  menempati peringkat situs web yang paling populer pada urutan 10 di dunia hanya dengan setahun setelah peluncuran. Dilaporkan 100 juta klip ditonton setiap hari di YouTube, menggunakan tambahan 65.000 video baru diupload setiap 24 jam.

Chen juga pernah bekerja di Facebook, meskipun dia meninggalkan jabatannya sesudah beberapa bulan untuk memulai YouTube. Pada bulan Juni 2006, Chen diklaim oleh usaha 2.0 sebagai salah satu dari “50 Orang yang Berpengaruh Saat Ini” dalam usaha bersama dua teman dari pendiri youtube Chad Hurley dan Jawed Karim.

Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan  Hurley menjual YouTube untuk Google, Inc senilai $ 1,65 miliar. Chen mendapatkan 625.366 lembar saham Google dan  68.721 tambahan serta dipercayai menjadi bagian penjualan.

Saham Google anyg dia terima adalah senilai $ 350.000.000 di Google 30 Oktober 2007 penutupan harga saham. Chen sudah terdaftar menjadi salah satu dari 15 ilmuwan Asia To Watch oleh Majalah Scientist Asia di tanggal 15 Mei 2011.

Wow.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Leave A Reply

Your email address will not be published.