Berita Nasional Terpercaya

Pecaaah..!! Tanpa Support Kemenparekraf, Jogja Dragon Festival tetap Berikan Euforia yang Luar Biasa

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Untuk kesembilan kalinya Jogja Dragon Festival diselenggarakan dalam rangkaian Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Walaupun sudah 9 kali diadakan, namun hingga saat ini belum ada pihak sponsor yang menyentuh acara tersebut, tidak terkecuali Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Hal itu dikatakan, Panitia PBTY ke 15, Subekti disela pelaksanaan Jogja Dragon Festival IX memperebutkan Piala Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sabtu (1/2/2020) di Sleman City Hall (SCH).

“Sangat disayangkan, acara yang bagus dan dapat mengundang wisatawan banyak ini tidak mendapatkan support dari mana-mana, termasuk Kemenparekraf. Padahal sudah 9 kali ini diselenggarakan, dan hadiahnya pun bergengsi memperebutkan Piala Raja Yogyakarta,” kata dia.

Bahkan PBTY yang telah berlangsung selama 15 tahun juga belum dimasukan kedalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. “Sudah kami perjuangkan selama tiga tahun ini dengan mengurus segala sesuatunya ke kementerian, tapi belum ada hasilnya sampai hari ini,” tambah Bekti.

Dia juga berharap, Kementerian Pariwisata yang sekarang telah bergabung dengan Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf) dapat memberikan perhatian lebih kepada event-event yang telah berjalan selaman bertahun-tahun dan memberikan banyak dampak positif seperti PBTY.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Roy Lim yang menyayangkan belum adanya support terhadap pelaksanaan Jogja Dragon Festival. “Tidak hanya Kemenparekraf tapi juga Kemenpora. Ini kami juga masih terus berusaha memperjuangkan di kementerian terkait,” katanya.

Sementara itu Panitia PBTY XV, Divisi Jogja Dragon Festival, Ernest Lianggar Kurniawan menyebutkan pada Jogja Dragon Festival kali ini melibatkan 9 regu dengan mengambil 6 regu sebagai pemenang dan akan mengikuti Karnaval pembukaan PBTY ke 15, besok Minggu (2/2/2020) di sepanjang Malioboro. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.