Berita Nasional Terpercaya

Hujan Disertai Angin, Puluhan Pohon Tumbang di Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman melaporkan kejadian hujan lebat disertai angin kencang di Kabupaten Sleman, Jumat sore (14/2). Hujan lebat yang disertai angin menyebabkan pohon tumbang dan kerusakan rumah di 6 kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan menyebut adanya korban jiwa di Kecamatan Minggir Sleman. “Satu lansia luka ringan dan sudah dibawa ke Puskesmas Minggir. Luka ringan atas nama Mbah Ponijem 70 tahun,” katanya, Jumat 14 Februari 2020.

Untuk dampak di Kecamatan Mlati, terdapat 5 pohon tumbang,10 rumah rusak ringan, 1 jaringan listrik, 1 tempat usaha RM Gabah Emas, 1 gazebo, 1 mesjid tertimpa pohon, dan 2 pohon tumbang menutup akses jalan. “Di Jalan Magelang Km 9, Mulungan Kulon Sendangadi Mlati, satu pohon tumbang melintang di jalan dan menimpa jaringan listrik serta telepon. Sudah terkondisi,” ujar Makwan.

“Di Dusun Jongke Lor Sendangadi Mlati, ada lima rumah warga atapnya beterbangan,” imbuhnya.

Untuk di Kecamatan Sleman, Makwan menyebut papan informasi di depan Rumah Dinas Bupati Sleman, Beran Tridadi Sleman roboh karena angin dan sudah terkondisi. “Di Jalan Purboyo Km 3 Pangukan Tridadi Sleman Selatan SPBU Pangukan, pohon tumbang melintang menutup akses jalan dan terkondisi. Di Jalan Roro Jonggrang, Tridadi Sleman pohon Nangka diameter 20 cm, patah dan terkondisi. Di Jalan KRT Pringgodiningrat No.13, Jaban Tridadi Sleman, hujan deras dan angin kencang mengakibatkan pohon Ketepeng diameter 20 cm patah menimpa atap lapangan tenis Pemda Sleman,” paparnya.

Untuk dampak di Kecamatan Minggir Sleman, terdapat 5 titik lokasi kerusakan, 4 pohon tumbang, 2 jaringan listrik rusak, dan 3 rumah rusak ringan di Desa Sendangagung. Sedangkan, untuk Kecamatan Gamping, terdapat 2 pohon tumbang, 1 rumah tertimpa pohon tumbang, dan 1 fasilitas pendidikan tertimpa pohon tumbang. “Pohon tumbang menimpa SMK Putra Samudera Jalan Wates Km 4, Somodaran Gamping Sleman dan sudah terkondisi,” katanya.

Di Kecamatan Tempel, terdapat 1 pohon tumbang, 1 rumah rusak ringan. “Di Banyurejo Tempel Sleman, pohon Lamtoro tumbang menimpa rumah,” kata Makwan.

Sedangkan, di Kecamatan Ngaglik, terdapat 3 pohon tumbang yang menyebabkan 2 jaringan listrik rusak. “Di Ploso Kuning 3 Minomartani Ngaglik, pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan dan sudah terkondisi. Sebelah Perum Paradis Randugowang RT2/RW15 Sariharjo Ngaglik, pohon Jabon tumbang menimpa jaringan listrik dan sudah terkondisi. Di Jalan Raya Randu Gowang Tegal Weru Sariharjo Ngaglik Sleman, pohon Sengon diameter 20 cm tumbang menimpa jaringan listrik, telepon, dan lampu penerangan jalan. Sudah terkondisi,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.