Berita Nasional Terpercaya

Wisudawan Diajak Waspadai Coronavirus

0

YOGYA, BERNAS.ID – Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta (UKDW) menggelar wisuda periode Februari 2020 yang diikuti oleh 182 wisudawan, Sabtu (29/2/2020). Dalam kesempatan ini rektor mengajak wisudawan untuk mewaspadai berbagai akibat pergolakan global, termasuk penyebaran Coronavirus.

“Saat ini kita semua prihatin akan wabah virus Corona COVlD-19 yang bermula di Wuhan China, namun dalam beberapa hari telah begitu menakutkan penyebarannya, melumpuhkan hampir seluruh China dan sekarang pu|uhan negara lainnya di dunia merasakan dampaknya,” ujar Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, MSc., PhD dalam sambutannya.

Virus yang tidak kasat mata ini yang konon mulanya berasal dari kelelawar menurutnya menyerang manusia, melumpuhkan ekonomi, menimbulkan ketegangan politik, sosial budaya, dalam skala yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dunia sedang dilanda ketidakpastian, dan resesi ekonomi sudah terjadi beberapa negara di sekitar Indonesia.

“Tantangan besar bagi perguruan tinggi saat ini adalah bagaimana mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tuntutan kemajuan iptek dan goncangan jaman yang seperti ini,” sambungnya.

Ia juga mengingatkan wisudawan untuk menyadari bahwa dunia saat ini sedang berubah dengan sangat cepat yang dimotori oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi komputasi, artificial inteligent, robotic, internet of things, dan sebagainya telah menjadi makin canggih dan berpengaruh dalam era yang disebut Industrial Revolution 4.0.

“Namun tidak semua hal akan bisa tergantikan oleh kecanggihan teknologi terutama dalam hal relasi sosial, kebutuhan spiritual dan kepuasan batiniah, dalam hai-hai inilah manusia tetap memerlukan Tuhan dan manusia,” kata Henry.

Amelia Talenta Putri dari Prodi Arsitektur dan Desain mewakili wisudawan menyampaikan
bahwa sesungguhnya perjuangan bukannya selesai, tetapi baru saja akan dimulai. Maka ia berharap wisudawan dapat mengaplikasikan setiap bekal yang didapatkan, ke lingkungan baru tempat berkarya.

“Saya juga berharap, kita dapat menjalani dan mengerjakan segalanya dengan sepenuh hati. karena bagi saya apa yang kita lakukan dengan hati pasti akan diterima pula oleh hati,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.