Berita Nasional Terpercaya

Istimewa, Dua Bayi Ini Lahir di Tanggal 29 Februari yang Muncul Empat Tahun Sekali

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tahun Kabisat 2020, khususnya tanggal 29 Februari menjadi tanggal yang unik dan istimewa, terutama apabila ada bayi yang lahir di tanggal tersebut. Sebab, tanggal 29 Februari hanya muncul empat tahun sekali.

Nah, hari ini, di tahun Kabisat 2020, Sabtu (29/2), ada dua bayi yang lahir di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Sadewa Yogyakarta secara normal dan sesar. Bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Pertama, bayi berjenis kelamin laki-laki bernama Muhammad Sidik Azka yang lahir secara normal pada hari Sabtu (29/2) pukul 8.25 WIB tadi dengan panjang 49 cm dan berat 3,1 Kg. Muhammad Sidik Azka menjadi anak kedua dari pasangan Vika Fairus (23) dan Lukman Nurhakim (25), warga Maguwoharjo Sleman.

Ibu Vika menceritakan tidak menduga akan lahir di tanggal 29 Februari karena HPL (Hari Perkiraan Lahir) tanggal 6 Maret nanti, tapi maju seminggu. “Semalam sudah terasa sakit, kirain cuma kontraksi palsu, ternyata memang lahir ini,” ujarnya ke Bernas.id.

“Tadi malam, pas nengok tanggalan, oh iya besok tanggal 29, kan langka, empat tahun sekali. Tadinya juga nggak ngeh, kasihan anaknya baru ulang tahun empat tahun sekali, tapi tidak apa malah menjadi unik,” imbuhnya.

Terkait proses kelahiran, Ibu Vika menyebut berjalan lancar dan cepat. “Alhamdulillah lahir cepat dan tidak terlalu lama proses kelahirannya. Harapannya, semoga menjadi anak yang soleh, cerdas, berguna bagi bangsa dan agama,”ujarnya.

Untuk tanggapan orangtua, Ibu Vika mengatakan kakek dan neneknya tidak terlalu mempersoalkannya. “Jadi, eyang neneknya dan mbahnya cuma pada senang kalau cucunya sudah lahir,” katanya.

Sedangkan, untuk bayi yang kedua berjenis kelamin perempuan bernama Regina Patricia Putri yang lahir secara sesar pada hari Sabtu (29/2) pukul 8.10 WIB tadi dengan panjang 49 cm dan berat 3 Kg. Regina Patricia Putri menjadi anak ketiga dari pasangan Lucya Anita Sari (37) dan Johanes Petrus (41), warga Berbah Sleman.

Ibu Lucya mengatakan tak masalah dengan tanggal 29 Februari. Ia memang memilih tanggal tersebut untuk sesar. “Memang milih tanggal itu, tidak apa-apa ulang tahun empat tahun sekali, nanti tetap dirayakan akhir bulan Februari setiap tahun,” katanya.

Untuk anak ketiganya ini, Ibu Lucya pun berencana akan membuat ulang tahun yang berbeda saat ulang tahunnya yang empat tahun sekali itu. “Harapan orangtua, nanti menjadi anak yang pinter, baik, berbakti sama orangtua dan menjadi berkat bagi orang lain,” tuturnya.

Untuk tanggapan kakek dan neneknya, Ibu Lucya mengatakan tak mempersoalkannya. “Ya senang, tidak apa-apa. Terserah saja,” ujarnya.

Sementara itu, Yoyok, Bagian Humas RSKIA Sadewa menyampaikan bahwa baru ada dua persalinan di tanggal 29 Februari 2020 ini. “Kalau sampai saat ini, baru ada dua persalinan di rumah sakit ini, normal dan sesar,” katanya.

Ia pun menyebut selalu ada kelahiran di tahun Kabisat karena setiap harinya pasti ada kelahiran. “Setiap hari itu angka persalinan di Sadewa, rata-rata 10 sampai 15 persalinan. Apakah nanti setelah ini ada kelahiran lagi, kurang tahu,” ujarnya.

“Siapa tahu nanti ada yang rencana sesar atau emergency persalinan normal, kita belum tahu. Untuk yang rencana hari ini belum ada,”imbuhnya.

Terkait ada pelayanan khusus di Tahun Kabisat, Yoyok mengatakan sampai saat ini, pihaknya belum memberikan pelayanan khusus bagi yang lahir di tahun kabisat ini. “Dari pihak manajemen, istilahnya belum menjadikan tanggal tersebut menjadi spesial. Namun, ke depan atau di tahun-tahun depan akan menjadi perhatian rumah sakit kami supaya ada tanggal tertentu dijadikan hari spesial sehingga yang lahir di hari tersebut mendapat pelayanan khusus,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.