Berita Nasional Terpercaya

5 Alasan Mengapa Harga Properti Selalu Naik

0

BERNAS.ID – Bukan rahasia umum lagi jika harga properti selalu naik tiap tahun (bahkan per tiga bulan), meski kondisi perekonomian suatu negara tengah kurang stabil. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan para investor dan spekulan untuk terjun ke bisnis properti.

Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diincar oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Hal itu dikarenakan banyak yang menganggap bahwa sektor ini tahan banting terhadap krisis.

Jika cicilan kredit pada umumnya berorientasi pada kebutuhan yang konsumtif, namun untuk properti itu ibarat menabung atau investasi.

Sepertinya sektor ini akan terus menjadi primadona karena tempat tinggal adalah kebutuhan dasar bagi semua orang. Rata-rata peningkatan nilainya antara 10% sampai 15% pertahun.

Berikut ini adalah lima alasan biaya investasi properti selalu meningkat.

1. Inflasi 

Inflasi adalah alasan paling umum yang sering digunakan developer tentang kenaikan harga properti. Inflasi tinggi mau tidak mau membuat developer harus menaikkan harga. Padahal, inflasi membuat mata uang lemah dan daya beli masyarakat semakin menurut. Harga material meningkat, biaya pegawai naik, sehingga biaya hidup semakin mahal.

Untuk menyiasatinya, pencari properti harus lebih cermat dalam membeli properti, seperti menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau memilih developer yang menawarkan pembayaran dengan ringan.

2. Suplai Tanah Tak Pernah Meningkat

Kebutuhan terhadap tempat tinggal terus bertambah dari tahun ke tahun. Namun, pasokan tanah di muka bumi tidak bertambah, bahkan berkurang. Oleh karena itu, sesuai hukum supply and demand, situasi tersebut membuat kenaikan kebutuhan dan harga-harga properti dari tahun ke tahun.

3. Bertambahnya Jumlah Penduduk

Jika tanah tidak dapat bertambah, maka sebaliknya dengan manusia selalu bertambah setiap harinya. Perkembangan jumlah penduduk selalu bertambah sehingga membutuhkan tempat tinggal untuk berteduh.

Ini yang disebut dengan ketidakseimbangan antara ketersediaan lahan dengan permintaan masyarakat. Jadi setelah berkaca dengan kasus di atas, jangan heran lagi kalau dalam waktu singkat harga properti bisa melambung tinggi.

Bertambahnya jumlah penduduk bukan hanya terjadi di Indonesia saja, namun sudah menjadi isu internasional atau setiap negara.

Pembengkakan jumlah populasi manusia di bumi tidak dibarengi dengan perluasan tanah membuat harga properti ?terpaksa? terus naik dari tahun ke tahun.

4. Kenaikan Harga Material

Seperti harga-harga kebutuhan lain, inflasi juga turut menaikkan harga bahan-bahan dasar bangunan setiap tahun.

Mulai dari harga pasir, semen, batu bata, kayu, cat, dan lain-lain. Akumulasi kenaikan harga-harga bahan dasar bangunan itu ikut menaikkan harga properti setiap tahun.

Berdasarkan hasil survei harga properti primer triwulan III-2017 yang dirilis Bank Indonesia (BI), pertumbuhan harga properti residensial tercatat sebesar 3,32% (yoy), lebih tinggi dibanding 3,17% (yoy) pada triwulan sebelumnya.

Kenaikan harga bahan bangunan (32,95%) dan kenaikan upah pekerja (17,69%) masih jadi faktor utama penyebab kenaikan harga properti residensial seperti apartemen dan rumah tapak.

5. Perkembangan Kelas Menengah

Di setiap negara berkembang, masyarakat kelas menengah akan terus tumbuh sejalan dengan roda ekonomi yang terus berputar. Maka dari itu, kelas menengah turut memanfaatkan peluang ekonomi seperti turunnya suku bunga pinjaman.

Semakin pesat pertumbuhan jumlah kelas menengah dan keluarga berpenghasilan ganda, maka akan semakin cepat pula siklus kenaikan harga properti.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.