Berita Nasional Terpercaya

Pekerja #GueNgantor, Begini Cuitan Komika dan YouTuber Soal Antrian Penumpang Transjakarta

0

BERNAS.ID – Selain tagar #dirumahaja, orang-orang yang tetap masuk kerja bergantian membuat tagar #GueNgantor dan menjadi trending topic Twitter. Tagar ini masih berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia. Pemerintah daerah memberlakukan berbagai aturan supaya sekolah diliburkan tetapi proses belajar bisa dilakukan dengan sistem daring. Ada pula perusahaan yang menerapkan “work from home”, tentu saja tidak semua orang merasakan libur berdiam di rumah. Berdasarkan pantauan Bernas.Id di Twitter, Senin (16/3/2020) #GueNgantor pun menandingi #dirumahaja

#GueNgantor krn perusahaan ga memberikan kebijakan apapun, w niatkan pakai niqab krn udjur tertentu (diperbolehkan) jika masih buka pasang . Sesuai hadist nabi “Jika bisa meraih setengahnya, maka jangan tinggalkan semuanya” terlebih ini adalah Sunnah. Bissmilah stay save yaa,” tulis @tranjanii

“Yth pak @aniesbaswedan kebijakan bapak sdh bagus, menutup tmpat wisata dan merumahkan kegiatan belajar mengajar. Tp msh jd polemik jg untuk para pkrja lain nya yg msh mengharuskan msuk krja. krna ke bijakan pembatasan ops angkutan umum pun jd polemik saat ini Suami #GueNgantor,” ungkap @AstieNna.

“Enak yaa masih rebahan, lah #GueNgantor stay di desk, But jaga kebersihan buat kalian semuah cegah #VirusCorona dari kalian sendiri Bagi yg flu atau batuk, please gunain masker,” kicau @Pakde_al

Selain tetap harus masuk ke kantor, pekerja di wilayah Jakarta harus merasakan ketidaknyamanan. Pasalnya, pekerja yang bergantung dengan transportasi umum khususnya Transjakarta harus mengantri panjang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memutuskan untuk mengurangi rute Transjakarta dan jumlah bus yang beroperasi. Dampaknya, tak sedikit orang yang harus mengantri bahkan ledakan antrian penumpang Transjakarta terjadi di mana-mana. Ada kehawatiran risiko penularan virus corona pun tinggi karena ada banyak orang berdiri berdekatan. 

Komika sekaligus sutradara film Ernest Prakasa pun mengomentari situasi halte Transjakarta lewat akun Twitternya, Senin (16/3/2020). 

“Keputusan Anies untuk membatasi transportasi umum, seperti yang sudah diprediksi, menyebabkan ledakan antrian dimana-mana. Kontak dekat. Ini kebijakan yang malah bisa memudahkan penularan COVID-19,” tulis komika @ernestprakasa. 

Sementara itu, YouTuber muda Jerome Polin memberikan saran terkait aturan transportasi umum maupun jam kerja supaya pencegahan virus corona dilakukan dengan maksimal. 

“Kalau boleh saran, 1. seharusnya transportasi umum tetap berjalan normal untuk mencegah terjadinya antrian dan keramaian. 2. Ada pengaturan shift dan jam kerja berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga jumlah orang tidak menumpuk,” ungkap @JeromePolin. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.