Berita Nasional Terpercaya

Tips Produktif Kerja Dari Rumah Karena Virus Corona

0

 

BERNAS.ID – Per Selasa (17/3/2020) pemerintah resmi mengumumkan bahwa jumlah kasus positif covid-19 yang disebabkan oleh virus corona bertambah menjadi 172 kasus positif. Kepala BNPB, Doni Monardo pun mengumumkan status keadaan tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia diperpanjang sampai dengan 29 mei 2020.

Presiden Joko Widodo pun sudah membuat pernyataan khusus agar masyarakat Indonesia bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Sejak Senin (16/3/2020) beberapa perusahaan, kampus, dan sekolah sudah mulai menerapkan hal tersebut yakni dengan adanya Work From Home (WFH) dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online atau online learning.

Bagi kita yang tidak biasa bekerja dari rumah mungkin masih meraba-raba bagaimana untuk bisa tetap produktif meskipun pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dikerjakan di kantor malah dikerjakan di rumah.

Bernas.id, Rabu (18/3/2020) merangkumkan tips tetap produktif bekerja dari rumah karena virus corona.

1. Tetap Jalin Komunikasi

Biasanya hanya berjarak satu meja dengan rekan kerja atau hanya lima langkah dari ruangan bos dan kini terpisah di tempat berbeda namun tetap bekerja mungkin tidak langsung membuat kamu terbiasa. Namun, life must go on, kita tetap harus produktif meskipun bekerja dari rumah.

Oleh karena itu, komunikasi dan koordinasi dengan tim dan atasan harus tetap hidup dan terjalin. Komunikasi membuat kita tidak merasa sendiri mengerjakan setumpuk pekerjaan. Selain itu, koordinasi pekerjaan tetap diperlukan untuk menghindari missed atau kesalahan yang tak perlu terjadi.

Selalu komunikasikan apa yang sedang dan kamu kerjakan kepada tim atau atasan. Laporkan setiap progress pekerjaan kamu. Terus menjalin komunikasi akan membuat kita merasa terus termotivasi  dan tidak merasa bekerja sendiri.

2. Bertindak dan Bersikap Layaknya Bekerja di Kantor

Bekerja dari rumah memang memungkinkan kita untuk tidak perlu mandi atau berpakaian rapi. Cukup buka laptop dan tersambung internet, dengan masih memakai baju tidur pun kita bisa langsung bekerja. Namun, beberapa pakar mengatakan dengan bersikap layaknya orang bekerja di kantor meskipun bekerja dari rumah bisa membuat seseorang lebih produktif.

Tetaplah mandi pagi, berpakaian rapi, dan sarapan sebelum memulai pekerjaan. Dengan kondisi siap seperti itu alam bawah sadar pun sudah memerintahkan diri bahwa ?ini waktunya bekerja.?

Kamu juga bisa membuat sudut atau tempat tersendiri yang kamu gunakan sebagai ?ruang kerja?. Hindari bekerja di atas kasur atau selonjoran di sofa. Buat batasan mana tempat untuk bekerja, mana untuk bersantai.

Saat target-target perkerjaan hari itu sudah terpenuhi dan sisanya kamu hanya perlu koordinasi maka buka laptop sambil selonjoran di sofa bisa kamu lakukan.

3. Hindari Merasa Terisolasi

Situasi saat ini memang mengharuskan kita work from home atau bekerja dari rumah selama 14 hari ke depan. Bekali diri dengan sikap optimis, hindari merasa terisolasi. Tetap di rumah saja bukan hanya menyelamatkan nyawa kita tapi jutaan rakyat Indonesia.

Dengan tetap berada di rumah, kita membantu dokter dan tenaga medis lain agar tidak terjadi lonjakan jumlah pasien yang dapat menyulitkan tugas mereka. Jadi, sungguh besar dan penting peran kita bukan? Oleh karena itu, stop merasa terisolasi hanya karena kamu enggak bisa ngafe, nongkron di mall seusai kerja, atau makan siang di resto langganan.

Solusi untuk menjaga semangat bekerja dari rumah adalah sesering mungkin interaksi dengan rekan kerja atau atasan secara tatap muka online. Untuk kamu yang masih single dan tinggal sendirian, rutinlah untuk video call dengan orang lain. Jika kamu seorang atasan, perlakukan karyawannya dengan akrab dan seperti teman. Tanyakan kabar dan kesehatan karyawanmu. Berilah instruk pekerjaan secara jelas dan sederhana.

Mungkin sebagai atasan kamu merasa bahwa ada perbedaan produktivitas antara bekerja di kantor dan bekerja di rumah. Kamu bisa memakluminya dan menganggap ini sebagai force majeur atau kejadian di luar dugaan atau tak diinginkan.

4. Jaga Kesehatan

Yang terakhir, selalu jaga kesehatan dengan pola makan sehat dan tetap berolahraga. Sinar matahari pagi dipercaya baik bagi tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Tetaplah bangun pagi, sempatkan berolahraga di luar ruangan. Kamu bisa sekedar senam ringan, jogging di sekitar halaman, atau yoga.

Selain itu, jaga asupan kamu dengan makanan bergizi. Hindari makanan cepat saji meskipun kamu terbatas untuk bepergian. Saat ini, kita masih bisa berbelanja ke luar. Belilah kebutuhanmu secara bijak, perbanyak buah dan sayur bukan malah makanan instan. Perbanyak minum air putih sesering mungkin, paling tidak 1 gelas setiap 15 menit.

Produktivitas kerja dan kesehatan tetap bisa kita jaga meskipun saat ini kita sedang #diRumahAaja. Bersama-sama kita pasti bisa lawan corona. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.