Berita Nasional Terpercaya

Donor Darah Dibutuhkan Meski di Tengah Merebaknya Covid-19

0

BERNAS.ID – Masyarakat Indonesia membutuhkan bantuan donor darah seperti untuk cuci darah, transfusi darah maupun untuk keperluan operasi. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla pun mengimbau supaya masyarakat mendonorkan darahnya meski sedang menghadapi wabah virus corona (Covid-19).

?Tapi di samping itu penyakit lainnya, seperti demam berdarah, Thalasemia atau juga kebutuhan transfusi darah lainnya, tetap juga kita butuhkan. Perlu kami tegaskan, bahwa donor darah itu, tidak menyebabkan adanya hubungannya dengan virus Corona,” ujar Jusuf Kalla dalam keterangannya, Rabu (18/3/2020).

Mantan wakil Presiden RI itu berharap ada relawan donor yang bisa mendonorkan darahnya di tengah wabah Covid-19. Ia menekankan para pendonor darah tetap bisa melaksanakan donor pada waktunya sehingga kebutuhan masyarakat untuk penyakit lainnya bisa terpenuhi. Apalagi, kebutuhan kantong darah di Indonesia masih kurang dari cukup. Meski wabah corona tengah meluas ke berbagai daerah, masyarakat tak perlu khawatir berlebihan asal bisa menjaga diri.

PMI memiliki panduan atau protokol pelaksanaan donor darah sehingga masyarakat aman dan nyaman saat mendonorkan darahnya. Berikut adalah protokol terkait dengan pelaksanaan Donor Darah di setiap Unit Donor Darah:

  • Sebelum memasuki gedung UDD PMI akan dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.
  • Pendonor wajib mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang sudah disediakan.
  • Melakukan pendaftaran ke bagian administrasi.
  • Melakukan pemeriksaan dokter.
  • Melakukan pengecekan HB dan tensi.
  • Masuk ke ruangan pengambilan darah

Adanya imbauan social distancing memang membuat orang-orang enggan keluar dari rumah, menghindari keramaian, dan menjaga jarak. Saat Anda sehat dan bisa donor darah, ikuti saja protokol pelaksanaan donor darah. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.