Berita Nasional Terpercaya

6 Tips Memilih Kampus Swasta Berkualitas

0

BERNAS.ID – Memilih kampus membutuhkan pemikiran yang matang. Bagaimana tidak, banyak anak muda menggantungkan cita-citanya berdasarkan kampus mana ia kuliah dan jurusan apa yang dipilihnya.

Tak bisa dipungkiri 99% anak SMA pasti ingin masuk kampus negeri alias PTN atau perguruan tinggi negeri. Sisanya, sebanyak 1% mungkin memilih swasta karena memang ingin kuliah di program studi tertentu yang tidak ada di kampus negeri.

Tapi tahukah kamu bahwa daya tampung kampus negeri melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Vokasi hanay tersedia 20-40 persen pada masing-masin jalur. Lalu, siswa yang tidak masuk melalui semua jalur yang disediakan harus bagaimana? Kamu tetap bisa kuliah dong, di kampus swasta.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jangan berkecil hati jika pada akhirnya kamu kuliah di kampus swasta. Saat ini banyak kampus swasta memiliki kurikulum dan pengajar yang tak kalah dengan kampus negeri. Selain itu, banyak kampus swasta yang memiliki program-program unggulan tidak kalah dengan kampus negeri atau malah lebih menjanjikan di dunia kerja.

Lalu, bagaimana tips memilih kampus swasta yang baik dan berkualitas? Simak 5 tips yang dirangkum oleh bernas.id, Sabtu 21/3/2020.

1. Perhatikan Peringkat Kampus

Kampus yang memiliki nama dan reputasi baik pasti memiliki peringkat yang baik. Seringkali kamu mendengar nama kampus swasta yang sering dibicarakan orang, kamu tahu seperti apa gedungnya, dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu jangan menilai kampus dari bentuk fisiknya saja atau dari apa yang kamu dengar. Cari tahu peringkat kampus dengan cek secara online di laman Kemendikbud, Webomatrics, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

2. Perhatikan Akreditasi Kampus

Ketika kamu sudah memilih beberapa kampus swasta untuk menjadi tujuanmu maka cari tahu akreditasi dari tiap-tiap kampus tersebut. Apakah memiliki akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang) dan belum terakreditasi.

Untuk mengetahui peringkat akreditasi kampus kamu bisa cek secara online melalui website BAN-PT atau Kemendikbud.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

3. Perhatikan Akreditasi Jurusan atau Program Studi

Setiap kampus atau nama resminya universitas memiliki akreditasi tersendiri, berbeda dengan setiap program studi atau jurusan di dalamnya. Akreditasi setiap program studi atau jurusan berbeda-beda, tergantung kualitas yang standarnya dinilai oleh BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jadi, pastikan program studi yang menjadi tujuanmu memiliki nilai akreditasi yang baik.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

4. Perhatikan Usia Kampus

Apakah semakin tua usia kampus akan menjamin kualitas kampus tersebut? Bisa iya, bisa tidak, namun banyak iyanya. Lamanya usia kampus menunjukkan bahwa kampus tersebut memiliki tata kelola yang baik dibuktikan dengan mampu bertahan bahkan semakin meningkatkan kualitasnya. Selain itu, semakin tua usia kampus berarti telah menghasilkan banyak alumni yang mungkin sudah banyak memberikan kontribusi bagi negara.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

5. Perhatikan Rekomendasi Alumni

Sebagai pertimbangan lebih lanjut, jangan segan untuk mencari review dari alumni tentang kampus swasta pilihanmu. Kamu juga bisa mencari secara online, website atau grup yang berisi informasi mengenai lulusan atau alumni. Kamu bisa mencari, jumlah alumni, persebarannya, daya serapnya di dunia kerja, dan sudah menjadi apa saja alumni tersebut. Biasanya, kampus berkualitas menghasilkan lulusan berkualitas pula.

Baca juga: Ragam Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi dan Prospek Kerjanya

6. Perhatikan Program-Program Kampus

Kampus swasta leluasa untuk memiliki banyak program untuk ditawarkan kepada mahasiswanya. Jika kampus negeri sudah pasti dicari orang karena nama besar dan reputasi, kampus swasta bisa unggul dengan program-program yang berbeda  dan menarik.

Misalnya, kampus yang mengajak atau memfasilitasi mahasiswanya untuk #KuliahSambilBisnis.

Di UNMAHA Jogja mahasiswanya sudah berbisnis sejak masih kuliah. Bahkan, ada yang sejak semester pertama sudah memiliki bisnis. Jadi, tagline #KuliahSambilBisnis #KampusPencetakPengusaha bukan hanya sekedar slogan karena #UNMAHA sudah memegang hak paten “Kuliah Sambil Bisnis.”

Saat ini, STIEBBANK Jogja, AKPAR Buana Wisata Jogja, AKMI Baturaja, bersama STMIK bersama-sama sedang mengajukan izin menjadi Universitas Mahakarya Asia. Hal ini mengikuti himbauan pemerintah untuk melakukan merger perguruan tinggi agar menjadi perguruan tinggi yang lebih besar, lebih sehat, lebih kuat menghasilkan generasi unggul masa depan seperti kamu. Bahkan, saat ini sedang ada program berupa kontes beasiswa di kampus-kampus tadi. (sn)

Baca juga: Rekomendasi Universitas Jurusan Teknik Industri Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.