Berita Nasional Terpercaya

Darurat Bencana Covid-19 Sampai 29 Mei, Kemenhub: Mudik Tak Perlu Dilakukan

0

BERNAS.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa masyarakat diminta tidak mudik seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Keputusan pembatalan mudik gratis diambil sebagai langkah antisipasi pemerintah meminimalisir penyebaran virus corona. Sejumlah daerah di Pulau Jawa telah menetapkan daerah tanggap darurat Covid-19.

“Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Bernas.Id, Selasa (24/3/2020).

Ia menjelaskan mudik hari raya Idul Fitri 2020 tidak perlu dilakukan masyarakat mengingat keadaan darurat bencana Covid-19 yang berlaku hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Program mudik gratis hari raya Idul Fitri tahun 2020 dari Kemenhub harus dibatalkan. Tidak hanya program Kemenhub tetapi juga program mudik gratis yang direncanakan BUMN dan swasta turut kena imbasnya. Pasalnya, kondisi penyebaran virus corona belakangan ini begitu cepat. Pembatalan mudik gratis 2020 pun dinilai tepat untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona.

Saat mudik, otomatis banyak orang berkumpul, melakukan perjalanan jauh dan melintasi berbagai daerah. Mudik melibatkan banyak orang yang berpotensi menjadi titik penyebaran virus corona. Jika masyarakat nekat maka wilayah persebaran virus corona ini kian meluas. Masyarakat diharapkan bisa memaklumi kondisi darurat ini dan mengikuti kebijakan dari pemerintah.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma?ruf Amin mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik saat libur Lebaran di tengah penyebaran virus corona (Covid-19). Ia meminta supaya masyarakat bisa menjaga diri meskipun harus merasakan Lebaran dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelum.

“Menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan, silaturahmi (mudik lebaran) itu baik tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik,” terang Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan resmi yang diterbitkan Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (19/3/2020) lalu. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.