Berita Nasional Terpercaya

Sepinya Pusat Keramaian Jogja di Masa Corona

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pandemi Covid19 telah membuat suasana masyarakat di Jogja berubah. Kota pendidikan dan pariwisata ini kini menjadi sepi. Sejumlah titik lokasi yang biasanya penuh orang dan kendaraan berubah menjadi sangat sepi.

Situasi tersebut juga masih terjadi hingga Selasa (24/3/2020). Data video dari CCTV Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY dari aplikasi Jogja Istimewa menunjukkan, mulai dari kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, Pasar Beringharjo, Titik Nol Kilometer, hingga Alun-alun, semuanya benar-benar sepi.

Suasana sepi tanpa ada kerumunan seperti biasanya pun memperlihatkan bersihnya Kota Jogja. Tak ada sampah berceceran, dan trotoar pun tertata rapi. Kendaraan yang melintas pun tak terlampau banyak.

Terlihat ada satu-dua orang yang tertangkap kamera CCTV. Namun, jumlah mereka bisa dihitung jari dan terlihat berdiri berjauhan antara satu dengan yang lain.

Di Malioboro, para pengunjung masih dibebaskan untuk menikmati suasana Malioboro tanpa dibatasi jarak antar pengunjung. Walau demikian, jumlah pengunjung di Malioboro sudah banyak berkurang, diperkirakan sampai 80%. Serupa dengan di Malioboro, di Pasar Beringharjo pun tidak ada penerapan aturan jarak antar pengunjung atau pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwisutono, menjelaskan pihaknya masih kesulitan untuk mengatur jarak antar pengunjung di Pasar Beringharjo.

?Maka kami maksimalkan antisipasi penularan dengan pembersihan pasar setiap hari, pemasangan tempat cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh,? ungkapnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.