Berita Nasional Terpercaya

Tiadakan UN 2020, Mahasiswa Tanya Nasib Skripsi di Instagram Jokowi

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa Ujian Nasional (UN) 2020 ditiadakan karena pandemi virus corona. Keputusan ini diambil saat melakukan rapat terbatas melalui video conference, Selasa (24/3/2020). Lewat akun Instagram pribadinya @jokowi, Presiden memberikan keterangan tentang ditiadakannya UN bagi para siswa SD, SMP, SMA/SMK di Indonesia. Namun, ada pula mahasiswa yang bertanya tentang nasib skripsi yang tersendat akibat pandemi virus corona di Indonesia. 

?Pandemi Covid-19 ini telah sangat mengganggu proses pendidikan di Tanah Air,? tulisnya di Instagram, Selasa (24/3/2020).

Seharusnya, para siswa yang jumlahnya mencapai 8,3 juta anak mengikuti ujian nasional. Sayangnya, proses pendidikan terganggu akibat bencana non alam.

?Untuk mencegah penyebaran virus ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk belajar di rumah bagi para siswa. Di antara mereka, ada 8,3 juta siswa yang seharusnya mengikuti ujian nasional dari 106.000 satuan pendidikan di seluruh Tanah Air,? sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam rapat terbatas yang digelar di tengah pandemi virus corona, Presiden bersama jajarannya memutuskan untuk meniadakan UN. Apalagi saat ini para siswa tidak bisa melakukan proses belajar mengajar di sekolah akibat pandemi Covid-19.

?Karena itulah, dalam rapat terbatas jarak jauh hari ini, pemerintah memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun 2020. Kebijakan ini diambil dengan prinsip tidak merugikan hak dari para siswa tersebut,? pungkasnya.

Unggahan gambar dan keterangan Presiden Jokowi itu mendapat tanggapan dari para pengguna Instagram. Berikut komentar yang dihimpun Bernas.Id, Selasa (24/3/2020) malam:

“Terimakasih para pejuang negara dan pejuang pemberantas covid-19, semoga kalian selelau diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan… Jika UN ditiadakan, bagaimana nasib kelulusan para siswa. Apakah saya dan mereka semua bisa lulus dan masuk ke sekolah yang kita impikan ? Saya berharap ada yang merespon saya:) Terimakasih untuk para pejuang,” tulis @maylinda21

“Saya sudah belajar mati matian pak,meluangkan waktu hati dan fikiran. Tpi gpp pak. Doakan saya yang terbaik ya pak agar dapat meraih cita citaa dan membanggakan kedua orang tuaa,” cuit @auliaarinaoo

Ada pula mahasiswa yang turut mempertanyakan nasib mereka tentang skripsi kepada Presiden Jokowi. 

“Bagaimana dengan mahasiswa semester akhir yang mau mengadakan penelitian di sekolah tapi terkendala karena sekolah diliburkan pak.. sedangkan jika menambah semester otomatis menambah ukt kita pak @jokowi,” tanya @novaisniawati13. 

“Pa saya mahasiswa yg taun depan DO gmana nih pa? penelitian saya tersndat sedang mei harus sudah selesai,” ungkap @rizkirmdhan. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.