Berita Nasional Terpercaya

Capai 686 Kasus Covid-19, Ini 2 Kategori Penting yang Diutamakan Rapid Test

0

BERNAS.ID – Jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) bertambah menjadi 686 kasus per Selasa (24/3/2020). Tercatat 55 orang meninggal dunia dan 30 orang dinyatakan sembuh. Data tersebut merupakan akumulasi sejak hari pertama adanya kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan ada dua kategori yang akan diperiksa melalui rapid test. Ia menjelaskan tes akan dilakukan kepada anggota keluarga yang tinggal serumah dengan pasien positif Covid-19.

“Yang pertama, mereka yang kontak dekat dengan kasus positif yang sudah terkonfirmasi dan dirawat di rumah sakit. Atau pasien yang sudah isolasi sendiri di rumah,” terang Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Kategori kedua merupakan tim medis yang menangani pasien Covid 19, yakni orang-orang yang bekerja di rumah sakit. 

“Yang kedua, kita juga akan memeriksa kepada seluruh tenaga kesehatan tanpa terkecuali, termasuk front office rumah sakit. Karena mereka ini merupakan kelompok sensitif yang rentan dengan Covid-19,” terangnya.

Setidaknya ada 125 ribu kit rapid test Covid-19 yang akan disebarkan ke 34 provinsi di Indonesia. Kit tersebut sebagai alat skrining corona massal, apakah gejala seseorang mengarah pada Covid-19 atau tidak.

Ia menambahkan hampir 80 persen pasien positif Covid-19 di Indonesia menunjukkan gejala ringan. Menurutnya, pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Sedangkan, pasien positif Covid-19 dengan gejala berat atau yang memerlukan layanan intensif barulah dirawat di rumah sakit. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.