Berita Nasional Terpercaya

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Penyebab Harga Properti Turun

0

BERNAS.ID – Harga properti memang cenderung naik tiap tahun, hal ini menyebabkan banyak orang berinvestasi di properti. Ketimbang uangnya dideposito atau ditabung di bank mereka berpikiran lebih baik dibelikan properti seperti tanah, rumah, apartemen, kontrakan, gudang, atau yang lebih besar lagi seperti hotel, resort, dan properti lainnya.

Ternyata, pemikiran demikian tidak sepenuhnya benar. Harga properti juga bisa turun! Berikut beberapa penyebabnya.

1. Harga Bangunan Menyusut

Jika rumah dengan spesifikasi tertentu bisa naik dari Rp300 juta menjadi Rp500 juta dalam dua tahun, penurunan yang terjadi bisa menghambatnya. Alhasil, rumah Anda hanya bisa dihargai Rp375 juta saja dalam kurun waktu sama.

Kenaikan harga hanya terjadi pada tanah tempat bangunan rumah berdiri. Sementara harga rumah justru menyusut.

2. Properti Dijual Murah karena Kredit Macet

Kredit yang macet juga menyebakan properti dijual dengan harga murah. Penjualan bisa melalui mekanisme lelang oleh bank pemegang hak tanggungan yang bekerjasama dengan balai lelang swasta atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), bisa juga bank meminta pemilik menjual sendiri propertinya.

3. Pemilik Tidak Tahu Harga Properti

Penyebab ketiga sebuah properti akan dijual dengan harga di bawah adalah karena pemilik properti tidak tahu harga properti saat ini. Padahal untuk menentukan harga properti yang sesuai, Anda bisa memanfaatkan jasa agen properti profesional.

Agen properti profesional bisa mengetahui harga pantas suatu properti dan memberikan saran terbaik kepada pemilik. Hanya dibutuhkan biaya relatif sedikit untuk membayar penilai profesional sehingga pemilik properti tidak akan kehilangan uang lebih banyak.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.