Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Ajak Negara G20 Menangkan Peperangan Melawan Covid-19 dan Pelemahan Ekonomi

0

BOGOR, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis (26/3/2020) malam. Presiden yang baru beberapa jam berduka atas kepergian Ibundanya langsung bertolak ke Istana Bogor untuk mengikuti pertemuan yang membahas masalah mendesak saat ini.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengajak para pemimpin negara G20 supaya bersama-sama memenangkan dua peperangan, yakni melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia. Tak bisa dipungkiri dampak dari pandemi Covid-19 bukan hanya kesehatan global melainkan ekonomi perlahan ikut kena imbasnya. 

Disampaikan Jokowi, G20 harus menjadi penggerak solidaritas dunia dalam penanganan Covid-19 dan berharap pandemi Covid-19 ini jangan sampai mengganggu kerja sama antarnegara G20 yang sudah dibangun bertahun-tahun. 

?Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan antivirus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO,? kata Presiden Jokowi, di Istana Bogor. 

Usai pertemuan, Menkeu Sri Mulyani menyampaikan para pemimpin negara G20 sepakat untuk fokus menyelamatkan manusia dalam pandemi virus corona. 

“Karena ini sesuatu yang tidak hanya masalah kesehatan tetapi akan terjadi tragedi kemanusiaan,” terang Menkeu Sri Mulyani dalam keterangan pers bersama Menlu Retno Marsudi melalui akun Youtube Sekretariat Kabinet.

Ia menambahkan, negara yang tergabung dalam G20 sedang berupaya mengurangi risiko penyebaran dan pencegahan meluasnya Covid-19. WHO dan Aliansi Vaksin Global (Gavi) dan seluruh negara di dalam KTT Luar Biasa G20 akan mengalokasikan anggaran sebesar 4 miliar dollar AS guna mempercepat proses riset dan penemuan antivirus Covid-19. 

Bendahara RI itu menambahkan negara-negara dunia turut mengalami kekurangan alat pelindung diri (APD), ventilator maupun test kit virus corona. Negara-negara dapat meningkatkan produksi alat kesehatan dan saling memasok. Selain pemimpin negara G20, pertemuan secara virtual itu juga dihadiri oleh organisasi internasional terkait di antaranya PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF. (*/mta). 

Leave A Reply

Your email address will not be published.