Berita Nasional Terpercaya

3 Resep Kuliah Sambil Bisnis Ala Kaesang Pangarep

0

BERNAS.ID – Jika ingin mencari contoh sukses seseorang yang berhasil kuliah sambil bisnis, rasanya tidak salah jika sosok Kaesang Pangarep lah orangnya. Sebagai putra seorang presiden tidak lantas membuat Kaesang mempunyai banyak keistimewaan dari sang ayah. Termasuk soal sokongan modal, Kaesang benar-benar mulai dari nol dan tidak mengandalkan koneksi sang ayah.

Beberapa bisnisnya yang berhasil menggurita seperti Sang Pisang, Sang Javas, Ternakopi, Hompimpa Games, dan yang terakhir adalah Mangkokku berhasil menempatkan Kaesang sebagai salah satu pebisnis muda berhasil di negeri ini.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Di beberapa kesempatan, Kaesang sering membagikan rahasia atau resep agar kuliah sambil bisnis bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini yang berhasil dirangkum oleh bernas.id, Jumat (27/3/2020) dari berbagai sumber.

1. Niat Serius

Bagi Kaesang untuk menjalani kuliah sambil bisnis tidak bisa hanya niat saja namun harus lebih dari itu. Sekedar nia saja tanpa keseriusan tidak akan membuat bisnis berkembang apalagi bertahan. Kamu harus memiliki niat bahwa bisnis tersebut ditujukan untuk sukses bukan sekedar gaya-gayaan atau sebagai status bahwa kamu mahasiswa yang telah berbisnis.

Jika niat sudah serius maka segala tindakan dan keputusan pasti didasari dengan pemikiran yang serius.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

2. Modal

Bisnis selalu butuh uang sebagai modal. Hal itulah yang ditekankan oleh Kaesang. Mungkin kenyataan bahwa kamu harus punya uang dulu untuk memulai bisnis sulit akan menyurutkan langkahmu tapi itu adalah kenyataan. Yang dilakukan Kaesang adalah dia menabung untuk mengumpulkan modal sambil merancang bisnisnya dengan matang.

Kamu juga bisa meniru tindakan Kaesang. Tidak berarti kamu harus memiliki jutaan atau puluhan juta rupiah dulu baru mulai bisnis. Uang lima puluh ribu pun bisa kamu pakai untuk memulai bisnis. Yang terpenting adalah kamu memang menyediakan uang itu untuk modal bisnis bukan untuk keperluan lain.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

3. Partner yang Tepat

Tidak segala hal bisa kamu kerjakan sendiri. Kamu ahli dalam perencanaan atau operasional bisnis tapi belum tentu kamu paham soal keuangan dan pemasaran. Oleh karena itu, kamu membutuhkan partner yang tepat untuk bisa membantumu menjalankan bisnis. Pilihlah partner yang tepat untukmu, yang memiliki visi dan misi sama, serta jujur orangnya.

Memilih partner tepat ini salah satunya dilakukan Kaesang saat memulai bisnis kuliner Mangkokku dengan salah satu juri master chef,  Chef Arnold.

Untuk kamu yang ingin bisnis sambil kuliah bisa mengikuti resep ala Kaesang Pangarep tersebut. Kampus STIEBBANK yang mempunyai tagline Kampus Pencetak Pengusaha adalah kampus yang cocok untuk mahasiswa yang ingin kuliah sambil bisnis. Saat ini, ada program beasiswa yang bisa kamu ikuti untuk dapat kuliah di STIEBBANK. Informasi lengkapnya bisa kamu klik di https://bernas.info/BeasiswaKampusPencetakPengusaha . (sn)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.