Berita Nasional Terpercaya

Sebelum Anda Membeli Rumah, Cek Dulu Kualitasnya dengan 4 Cara Ini

0

BERNAS.ID – Sebelum membeli rumah, baik rumah baru maupun rumah seken, Anda harus memastikan banyak hal. Mulai dari kenyamanan, keamanan, dan yang tidak boleh dilupakan adalah estetika bangunan. Pastikan kualitas bangunan baik, agar Anda tidak kerepotan di kemudian hari karena harus memperbaiki bagian-bagian yang rusak.

Jangan mudah percaya dengan promosi yang dilakukan developer akan kualitas dan spesifikasi bangunan. Brosur bisa saja diubah sewaktu-waktu oleh pengembang.

Jadi, bagi Anda yang ingin membeli rumah? Berikut ini tips untuk mengecek kualitas bangunannya.

1. Jika Anda Bukan Ahli Bangunan, Ajak Rekan yang Memahami Bangunan

Tidak setiap orang mengerti seluk-beluk kualitas bangunan. Karena itu bawalah serta seorang rekan yang punya pengetahuan tentang bangunan. Paling mudah adalah tukang bangunan. Dengan begitu maka Anda akan mendapat penjelasan menurut pandangan rekan tersebut.

2. Cek Seluruh Sisi Bangunan

Lakukan pengecekan pada semua sisi bangunan, baik luar maupun dalam. Bersama rekan Anda yang tahu kualitas bangunan, periksa apakah ada kesalahan pemasangan ataupun pemlesteran yang kurang sempurna.

Untuk bagian interior, Anda harus cek bagaimana ruang dapur dan kamar mandinya. Periksa apakah plafonnya benar-benar kuat. Juga bagian lantainya apakah pengerjaannya benar-benar berkualitas.

Untuk bagian eksterior, Anda harus tahu apakah semua sisi temboknya utuh dan dikerjakan dengan tepat. Apakah ada yang retak atau tidak. Sebab retakan rambut pada tembok pada saatnya nanti akan semakin parah dan membahayakan bangunan.

Selain itu Anda harus tahu benar apakah luas tanah dan bangunan sesuai dengan yang dipromosikan. Jika lokasi properti berada di perumahan, periksa apakah fasilitasnya sesuai dengan yang tertera di brosur. Jika perlu, Anda bisa melakukan pengukuran juga. Pemilik rumah dan pengembang yang baik tentu akan memberikan respon yang baik untuk calon pembelinya.

3. Periksa Fasilitas Listrik dan Sanitasi

Periksa juga instalasi listrik dan sanitasi dalam rumah yang akan Anda beli. Jika rumah di luar perumahan, pastikan tidak ada instalasi listrik yang terlalu parah rusaknya. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan banyak biaya lagi untuk pembenahan instalasi listrik dan sanitasinya.

Jika membeli unit dari sebuah perumahan, maka periksa betul apakah listrik dan sanitasinya sesuai dengan spesifikasi yang dipasarkan. Jika tidak sesuai, maka sebaiknya Anda tidak mengabaikannya. Sebab, pengembang yang dari awal sudah bermasalah soal spesifikasi bangunan, sangat mungkin akan mengecewakan Anda di masa mendatang.

4. Datangi Lokasi Saat Pembangunan

Selain 3 langkah di atas, ada cara cek kualitas bangunan yang lebih efektif. Yaitu melihat langsung proses pembangunan oleh developer. Ini tentunya khusus untuk membeli properti di perumahan mewah maupun perumahan murah. Dengan melihat langsung, maka Anda bisa tahu semen merek apa yang dipakai, seperti apa bata yang dipasang, hingga merek cat yang akan dipakai. Mintalah izin pada pengembang untuk melihat langsung agar Anda dipandu dan perjalanan lebih aman.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.