Berita Nasional Terpercaya

Jangan Salah Pilih, Inilah 4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Bisnis

0

BERNAS.ID – Kuliah atau cari uang? Mungkin dua pilihan itu sempat membuat kamu galau selepas lulus SMA. Sudah cukup penat terus-terusan belajar dan ingin meringankan beban orangtua menjadi alasan seseorang mengurungkan niatnya untuk kuliah dan lebih memilih untuk mencari uang dulu.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Namun, tahukah kamu bahwa kuliah sekaligus cari uang bisa dilakukan secara bersamaan? Berikut ini adalah 4 jurusan kuliah yang bisa sambil bisnis rangkuman dari bernas.id., Sabtu (28/3/2020).

1. Jurusan Ilmu Pendidikan

Kamu jangan terpaku bahwa kuliah di jurusan ilmu pendidikan hanya bisa menjadi guru. Untuk melatih kemampuan mengajarmu sekaligus dapat penghasilan, kamu bisa berbisnis jasa les privat untuk anak sekolah. Ajaklah beberapa teman dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu pendidikan matematika, bahasa inggris, kimia, fisika, dan lain sebagainya.

Tawarkan bisnis les privat mu melalui media sosial atau buat pamflet yang ditempel di sekolah-sekolah.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

2. Jurusan Desain Grafis

Kuliah di jurusan desain grafis memiliki banyak keuntungan. Kamu sudah bisa mengaplikasikan ilmu yang kamu peroleh tanpa harus menunggu lulus. Bahkan, ilmu dan kemampuan yang kamu peroleh dari bangku kuliah itu bisa kamu jadikan alat untuk mencari uang. Kamu bisa membuka jasa layanan pembuatan logo perusahaan, material promo seperti poster, flyer dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa merangkap sebagai seorang konsultan untuk perusahaan yang ingin membangun branding atas bisnisnya. Kamu bisa memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan desain.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

3. Jurusan Tata Boga

Kuliah jurusan tata boga seringkali dipandang sebelah mata padahal lihat sekitar kita, bisnis yang paling berkembang adalah bisnis kuliner. Aneka minuman kekinian, jajanan kekunoan, hingga makanan dari mancanegara seperti makanan Korea dan makanan Jepang sangat disukai anak muda. Dengan ilmu dan skill yang kamu pelajari di bangku kuliah kamu bisa membuka bisnis kuliner. Kamu bisa browsing peluang kuliner apa yang paling menjanjikan kemudian padukan dengan skill yang kamu miliki.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

4. Jurusan Manajemen

Mahasiswa jurusan manajemen memiliki peluang cukup besar untuk menjalani kuliah sambil bisnis. Berbagai ilmu yang didapat, seperti manajemen pemasaran, e-commerce, perencanaan bisnis, hingga komunikasi bisnis merupakan bekal yang sangat cukup untuk terjun ke dunia bisnis. Contoh bisnis yang bisa kamu lakukan adalah toko online. Tidak harus punya produk sendiri, kamu bisa memasarkan produk orang lain alias menjadi reseller. Memiliki toko online itu seperti punya toko di dunia nyata lho, kamu harus berkomunikasi dengan pembeli dan suplier, melakukan promosi agar target pasar tertarik, kamu juga harus selalu mengecek stok produkmu, persis seperti punya toko beneran kan?

Kampus yang mendorong mahasiswanya untuk memiliki bisnis sejak masih kuliah adalah STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk meraih 888 beasiswa untuk kuliah di STIEBBANK. Cek info lengkapnya di https://bernas.info/BeasiswaKampusPencetakPengusaha .(sn)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.