Berita Nasional Terpercaya

Sosok Ini Dibalik Hadirnya Platform Sebaran Covid19 yang Sering Kita Pakai

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Warga Jogja saat ini pasti sangat terbantu dengan mudahnya mengakses informasi tentang Corona melalui platform https://sebaran-covid19.jogjaprov.go.id/ tentang informasi penyebaran Covid-19. Di aplikasi tersebut, kita akan mudah dan cepat mencari jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Nama Daniel Oscar Baskoro, Sarjana Ilmu Komputer UGM tahun 2015 berada di balik karya tersebut. Hadirnya aplikasi sebaran-covid19 ini merupakan pengembangan dari riset yang dilakukan Oscar dan tim pada tahun 2013. Saat masih menjadi mahasiswa, Daniel sudah mengembangkan aplikasi mobile peringatan dini waspada ancaman penyakit menular menggunakan layanan berbasis peta.

?Namanya waktu itu Health Circle yang merupakan platform informasi persebaran penyakit menular melalui integrasi sistem informasi berita yang didapat dari media online dan ditransformasikan lewat peta secara realtime,?tutur Oscar ketika dihubungi, Sabtu (28/3).

Alumnus S2 dari Columbia University, New York ini mengakui platform sebaran-covid19 merupakan pengembangan dari riset yang dilakukannya bersama tim ketika masih menjadi mahasiswa di UGM. Menurut Oscar riset tersebut kembali dikembangkan sesuai dengan kondisi sekarang terkait COVID-19 berkolaborasi bersama Diskominfo DIY serta tim relawan digital.?Ada alumni dan mahasiswa juga, seperti dari UGM, Amikom dan UKDW,?katanya.

Platform yang dikembangkannya bersama tim relawan digital ini juga dalam tahap pengembangan secara nasional. Oscar juga ikut tergabung dalam tim digital untuk Satgas Covid di tingkat nasional. Selama ini Oscar juga telah terlibat beberapa kali dalam penanganan bencana di tanah air.

Sementara itu, Kepala Seksi Aplikasi Layanan Publik Diskominfo DIY, Sayuri Egaravanda, mengatakan cukup terbantu dengan dukungan pengembangan platform tersebut. Pengembangan platform sebaran covid19 ini, kata Sayuri, secara prinsip menjadikan masyarakat sebagai subjek dan bukan objek penderita.

?Pilihan teknologi masing-masing daerah bisa berbeda. Tapi kita menjadikan masyarakat melalui platform ini sebagai subjek bukan objek,?katanya

Tim relawan digital bersama Diskominfo DIY terus meningkatkan pelayanan informasi melalui platform tersebut. Pemerintah daerah lainnya juga cukup terbuka untuk bisa mengembangkan aplikasi serupa. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.