Berita Nasional Terpercaya

Resep Ahli Gizi UGM untuk Lindungi Tubuh dari Corona

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Di tengah ancaman pandemi virus Corona, salah satu cara pencegahan selain menjaga jarak saat berinteraksi, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Sebab, makanan yang sehat meningkatkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ahli Gizi UGM Dr Toto Sudargo mengatakan kandungan dalam makanan yang sehat dapat meningkatkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. ?Nilai gizi yang tinggi pada makanan yang kita konsumsi dapat melindungi tubuh dari serangan virus maupun alergi,? kata Toto.

Soal asupan makanan, Dr Toto menyebut tubuh membutuhkan setidaknya 2.150 kalori setiap harinya. Apabila makan tiga kali sehari maka diperlukan minimal 700 kalori untuk setiap kali makan. Untuk itu, ia menganjurkan seseorang makan tepat waktu, terutama untuk makan pagi jangan sampai terlambat. ?Stamina kita turun di pagi hari sebab kadar gula kita turun di bawah normal sehingga harus ada sarapan atau makan pagi,? katanya.

Setiap makanan yang kita konsumsi, sebut Dr Toto, akan memberikan pasokan nutrisi bagi tubuh terutama kebutuhan protein dan vitamin yang mampu melindungi tubuh dalam melawan  penyakit. ?Pada nasi tersebut terdapat protein tapi diperlukan variasi makanan dengan mengkonsumsi sayuran yang banyak,? katanya.

Ia juga menganjurkan masyarakat untuk mengonsumi ikan, bahkan jenis ikan apa saja yang boleh dikonsumis karena banyak mengandung sumber  protein. Ia mencontohkan ikan kembung yang dijual sangat murah menurutnya kaya akan protein apalagi dalam ukuran kecil akan menambah jumlah kalsium karena akan dikonsumsi tulang dan dagingnya. ?Per 100 gram ikan tersebut memiliki 32 gram protein. Semakin kecil ikan semakin bagus karena kita akan menyantap semuanya sehingga kandungan kalsiumnya semakin tinggi. Hampir semua ikan memiliki tingkat protein yang tinggi,? ujarnya.

Menurut Dr Toto, protein menyumbang sekitar 75 persen untuk sistem kekebalan tubuh dimana fungsinya mengganti sel yang rusak, membentuk hormon dan menolak virus yang masuk. Namun demikian, tidak hanya pada ikan, sumber protein juga ada sayuran dan buah buahan.?Sumber protein ada di hewani dan nabati,? katanya.  

Menurutnya, mengonsumsi tempe dan tahu serta ditambah sayuran juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena kedua makanan tersebut mengandung pro vitamin A yang sangat mendukung sistem imun. ?Apalagi bisa menngkonsumsi buah sepeti pepaya sangat kaya kandungan vitamin A,? katanya.

Vitamin A dan vitamin C, menurut Dr Toto, juga sangat baik untuk kulit, lambung, usus sehingga virus tidak bisa tembus. Ia menyebut sumber vitamin ini pada sayuran ada pada wortel, brokoli, dan paprika, sementara pada buah ada pada pepaya, pisang, jeruk dan jambu biji. “Adapun buah lokal yang banyak mengandung vitamin C buah kersen atau lebih dikenal dengan buah talok. Dari penelitian kita, dalam 100 gram talok memiliki kandungan vitamin C nya mencapai 98%, cukup tinggi,? ujarnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.