Berita Nasional Terpercaya

Giliran BUMN Batalkan Mudik Gratis, #AkuGakMudik Berkontribusi Cegah Covid-19

0

BERNAS.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meniadakan mudik gratis untuk Lebaran 2020. Hal ini mengingat adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang kian menyebar ke berbagai daerah. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. Keputusan pembatalan mudik gratis tentu saja berat karena menjadi kegiatan rutin jelang Hari Raya Idul Fitri. 

“Atas arahan dari Pak Menteri, kami cukup sedih akhirnya terpaksa batalkan mudik gratis yang dilakukan oleh BUMN yang telah dilakukan bertahun-tahun selama ini. Sekarang seperti kata Pak Erick bahwa kita jangan mudik, kita jaga keluarga kita, di kampung maupun di kota,” ungkap Arya Sinulingga, Minggu (29/3/2020).

Alasan dibatalkannya mudik gratis tahun 2020 karena salah satunya masyarakat diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Lebaran tidak perlu dirayakan di kampung halaman. Hal ini lebih baik dilakukan untuk mencegah penularan virus corona dari wilayah zona merah Covid-19 sampai ke daerah seperti desa. Disampaikan Arya, berdiam di rumah tanpa harus pergi-pergi ke daerah lain sudah berkontribusi membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. 

 Arya menambahkan, dana mudik gratis dari Kemeterian BUMN akan dialihkan untuk membantu penanganan virus corona (Covid-19) di Indonesia. Selama ini, kegiatan mudik gratis Kementerian BUMN menggunakan dana CSR BUMN.

“Maka yang selama ini dana-dana yang dipakai untuk mudik gratis yang bagian dari CSR BUMN akan dialihkan dan diprioritaskan untuk kesehatan. Dalam hal ini prioritas kita menghadapi corona maka dana tersebut akan diprioritaskan untuk menghadapi corona. Ini adalah langkah yang dimintakan oleh Pak Erick kepada semua BUMN supaya dengan pengalihan ini masyarakat Indonesia akan cepat terbantu,” terangnya. 

Tak bisa dipungkiri biaya untuk penanganan maupun pencegahan pandemi Covid-19 membutuhkan biaya fantastis. Sementara itu, pantauan Bernas.Id muncul tagar #AkuGakMudik maupun kabar tentang mudik pun ramai diperbincangkan netizen di Twitter. 

“Rindu yang Tertunda tahun ini. #AkuGakMudik,” cuit Bahrul Fuad di Twitter.

“AkuJabodetabek #AkuGakMudik ShowthatYouCare Semoga paham.. Viralkan…,” tulis @ariadiy

“mksdnya di blg jgn mudik taun ini tu bukan biar lu pd gbsa ketemu keluarga ya tolong. mau ya tbtb di jalan ketempel virus atau apa sampe sana nularin keluarga dan org org sekitar? sekali kali tu otak dipake ngapasi,” kicau abigeel.

Kementerian Kesehatan RI turut memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tidak melakukan mudik tahun ini. Hal ini mengingat adanya potensi penyebaran Covid-19 sampai ke kampung halaman dan bisa membahayakan orang yang disayangi. 

“JANGAN MUDIK Saat mudik, virus corona berpotensi kamu bawa ke kampung halaman, sehingga penyebarannya akan semakin luas dan membahayakan orang yang kamu sayangi. Tunjukkan rasa sayangmu pada mereka dengan tidak mudik & #dirumahaja ya #AmanDiRumah #MediaLawanCovid19,” tulis @KemenkesRI. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.