Berita Nasional Terpercaya

Wabah Covid19, Ketenangan Warga Menjadi Prioritas Agar Tidak Mudah Sakit

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Mengatasi keresahan warganya yang berjumlah sekitar 30 ribu jiwa, Desa Balecatur Sleman turun langsung door to door untuk memberikan pemahaman tentang virus Corona yang sebenarnya. Untuk itu, menenangkan masyarakat menjadi prioritas sejak dua minggu terakhir sampai saat ini.

Hari ini, Selasa (31/3), Desa Balecatur mendistribusikan 36 dus desinfektan untuk 18 pedukuhan. Satu pendukuhan mendapatkan 2 dus desinfektan untuk digunakan warga guna penyemprotan secara mandiri.

Penanggungjawab (Pj) Desa Balecatur, Hj Sebrat Haryanti mengatakan saat memberikan pemahaman tentang virus Corona sembari mendistribusikan ribuan handsanityser dan sarung tangan. “Kita imbau dengan ajakan jangan panik dan di rumah saja dengan door to door, rumah ke rumah. Kita beri pengertian sepanjang kita hidup sehat dengan mencuci tangan, kalau tidak perlu tidak keluar rumah, akan terlindungi dari Corona,” jelasnya.

Hj Sebrat pun tak memungkiri adanya keresahan dan ketakutan karena virus Corona menular dengan ganas dan mematikan. Banyak warga yang datang ke Kelurahan bertanya-tanya. “Resah kalau kena Corona bisa membuat mati apalagi kalau bertemu dan salaman. Namanya juga orang di desa, kalau warga tidak bisa tidur, malah sakit nanti. Belum ditambahkan hoaks yang membingungkan masyarakat,” ujarnya.

“Alhamdulillah di Desa Balecatur masih negatif warga yang terkena Corona,” imbuhnya.

Untuk dusun-dusun yang menutup akses masuk, Hj Sebrat mengatakan satu per satu sudah dilepas karena pemahamannya yang sudah bagus. “Kita beri imbauan dengan pengertian-pengertian. Nanti cukup disediakan saja tempat cuci tangan dan sabun sebelum masuk dusun,” katanya.

Terkait perantau yang sudah datang ke Balecatur, Hj Sebrat mengatakan hanya sedikit saat ini. Ia mengatakan baru tujuh pendatang yang terdata seperti dari Jakarta, Sidoarjo, dan Surabaya.

“Untuk antisipasi pemudik dari daerah rawan Corona, kita mengimbau untuk antisipasi kepada keluarganya masing-masing yang sering mudik dengan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah seperti melapor ke dukuh untuk pendataan,” imbuhnya.

Hj Sebrat mengatakan di Desa Balecatur tidak begitu banyak perantau karena wilayahnya termasuk desa yang sudah meningkat ekonominya karena banyak pabrik dan UMKM. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.