Berita Nasional Terpercaya

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Mudah Dijalankan dan Menguntungkan

0

BERNAS.ID – Desa merupakan tempat yang kaya akan sumber daya yang belum banyak dimanfaatkan. Maka peluang usaha rumahan di desa harus bisa kita ambil manfaatnya dengan baik oleh masyarakat.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salah satu kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha rumahan di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota.

Malah desa memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki orang-orang di kota. Hebatnya lagi, berbagai usaha di desa bisa dikembangkan dengan skala modal kecil. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Hidroponik

Peluang usaha ini biasanya malah sering diterapkan diperkotaan karena kurang lahan untuk dimanfaatkan. Namun jangan salah masyarakat desa juga bisa membuat lahan hidroponik bahkan dengan skala yang cukup besar.

Sistem tanam hidroponik sangat banyak menguntung bagi masyarakat desa selain dari sisi tempat, juga sumbernya juga sangat memadai. Dengan menggunakan metode ini lahan tanam lebih terlihat bersih dan juga banyak pula jenis sayuran yang bisa dibudidayakan dengan hidroponik.

Masalahnya banyak masyarakat desa yang menganggap bahkan pertanian model hidroponik itu banyak memakan biaya. Tapi sebenarnya Sistem hidroponik lebih murah dan praktis apabila tahu caranya. Di artikel yang akan datang Danadesa.id akan memberikan  tips untuk sistem pertanian hidroponik.

2. Budidaya Perikanan

Rumah di desa selalu identik dengan rumah yang memiliki pekarangan yang luas. Tentunya dengan mempertimbangkan hal ini Anda bisa menjadikannya sebuah peluang usaha. Anda bisa membuka usaha budidaya perikanan di dekat rumah. 

Dengan membuat kolam di dekat rumah, Anda bisa memelihara ikan lele, mas, atau nila yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk memasarkannya pun tidak sulit. Anda bisa menawarkannya kepada para tetangga atau menjualnya ke pasar tradisional.

3. Kerajinan Tangan

Sentra pusat kerajinan tangan banyak berada di daerah pedesaan. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang potensial bagi Anda untuk memulai usaha kerajinan tangan. Di pedesaan Anda akan lebih mudah dalam memperoleh bahan baku dengan harga murah. 

Selain itu, upah pekerja di desa tidak semahal di kota. Dengan begitu Anda akan bisa menghemat biaya opersional. Dan pada akhirnya akan bisa meningkatkan jumlah keuntungan yang akan Anda peroleh.

4. Jamur Tiram

Bertani jamur tiram adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis. Pertama, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil. Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam.

Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang Anda miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya.

Anda bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

5. Menjual Produk Kuliner Desa Secara Online

Keunggulan jual beli melalui online adalah Anda bahkan tidak perlu membangun toko atau menyewa ruko yang mahal. Anda juga tidak perlu kulakan produk dengan duit sendiri lalu menjualnya. Melainkan Anda bisa menjual produk atau barang orang lain karena Anda bisa berposisi sebagai marketing saja.

Desa memiliki banyak produk yang bisa dijual secara online mulai dari kuliner yakni makanan khas desa yang tahan berhari-hari untuk dikirimkan melalui pos. Misalnya jenis makanan kering seperti rempeyek dan aneka jenis kerupuk. Dengan pengemasan yang baik Anda juga bisa jualan gudeg, rendang dan sebagainya.

Makanan khas desa adalah jenis makanan yang selalu dirindukan semua orang terutama yang tinggal di kota. Soalnya makanan khas desa memiliki cita rasa yang tak bisa diduplikasi oleh rumah makan di kota. Sudah jelas, ini adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak dikembangkan.

6. Penjualan Bibit Tanaman Buah

Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan sebagai tempat penjualan bibit tanaman. Karena memiliki lahan yang luas masyarakat desa rata-rata memburu bibit tanaman buah untuk di tanam di halaman rumah. 

Karenanya, bisnis ini patut di jadikan peluang usaha potensial di desa. Anda bisa merawat bibit tersebut sampai akhirnya bibit terjual. Atau Anda juga bisa memasarkannya keluar daerah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis properti, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.