Berita Nasional Terpercaya

Strategi UMKM Hadapi Krisis Akibat Corona

0

BERNAS.ID – Tantangan perekonomian saat ini sangatlah berat. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan sangat berhati-hati dengan membatasi bepergian dan konsumsi, tentunya hal ini berimbas kepada transaksi jual beli di pasaran. Berbagai elemen yang terkena imbas sebut saja restoran, pasar, pusat perbelanjaan, transportasi online, hingga para pemilik UMKM. 

Pada krisis ekonomi tahun 1998 dan 2008, sektor UMKM memang jadi penopang ekonomi karena mayoritas belum dapat akses finansial dan permodalan sehingga tidak terdampak krisis. Namun saat ini, sektor UMKM justru paling rentan atas imbas virus corona.

Data Goldman Sachs menunjukkan sebanyak 96% pemilik UMKM di Amerika Serikat telah merasakan dampak dari pandemi COVID-19 dan 75% dari usaha mereka mengalami penurunan penjualan. Sementara di dalam negeri, Ketua Umum HIPMI JAYA, Afifuddin Suhaeli Kalla mengatakan, omset UMKM Indonesia telah berkurang hingga 70% dalam sepekan terakhir.

Berikut tips-tips untuk UMKM di masa krisis corona, di antaranya:

  • Negosisasi

Lakukan negosiasi dengan pihak bank, buyer, dan pemasok untuk keringanan cicilan, penundaan pengiriman dan kontrak.

  • Tekan Pengeluaran

Tekan pengeluaran dengan cara mengecek biaya satu per satu dan tunda yang tidak diperlukan.

  • Jual Produk dengan Masa Kadaluwarsa Pendek

Saat ini banyak orang yang membatasi bepergian bahkan untuk mencari kebutuhan pokok seperti membeli makan sekalipun. Menjual produk makanan siap saji misalnya, bisa menjadi alternatif dan peluang bagi UMKM untuk mempermudah masyarakat mencukupi kebutuhan makannya sehari-hari

  • Ganti Segmen Pasar

Perluas segmen pasar, jangan bergantung hanya pada satu segmen, misalnya dari ekspor menjadi lokal.

  • Perkuat Penjualan Online

Cara ini efektif karena dikondisi seperti ini semakin banyak orang yang bekerja dari rumah (work from home).

  • Sampaikan ke Semua Pekerja

Sampaikan kabar terburuk yang kemungkinan akan terjadi kepada seluruh pekerja atau pegawai, agar mereka memahami situasi dan kondisi yang tengah terjadi.

Beberapa tips tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku usaha dalam menghadapi wabah virus corona. Meskipun begitu, tetaplah tenang dan waspada dalam menghadapi kondisis krisis saat ini.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.