Berita Nasional Terpercaya

Sistem Informasi: Semakin Dibutuhkan Seiring Perkembangan Zaman

0

Era yang serba cepat dan serba digital ini menuntut kita untuk terus mengikuti segala bentuk perkembangan yang ada di dalamnya. Termasuk juga dalam hal perkembangan teknologi. Saat kita membicarakan teknologi, kita tidak dapat melepaskannya dari pengolahan informasi. Pengolahan dan pengaturan informasi di era digital ini menjadi sesuatu yang sangat penting. Dewasa ini, banyak sekali produk atau layanan digital yang intinya adalah tentang bagaimana seorang user berinteraksi dengan informasi. Bagian itulah yang dipelajari dan dikembangkan program studi Sistem Informasi atau Information Systems.

Apa Itu Sistem Informasi?

Bidang ilmu Sistem Informasi melibatkan kemampuan mendesain, menyampaikan, dan menggunakan informasi serta teknologi komunikasi untuk memecahkan masalah bagi perusahaan, pemerintahan, maupun masyarakat secara umum. Sistem Informasi juga dapat didefinisikan sebagai bidang ilmu tentang memahami dan mengukur dampak teknologi terhadap manusia dan komunitas-komunitas sosial supaya teknologi tersebut dapat digunakan atau dimanfaatkan secara etis.

Seorang mahasiswa di program studi Sistem Informasi akan mempelajari dan memahami dasar-dasar ilmu computing, komunikasi, dan software development. Selain itu, mahasiswa Sistem Informasi juga akan mempelajari ilmu-ilmu sosial dan teori organisasi untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan memahami dampak perkembangan teknologi terhadap manusia. Gabungan dari skill dan ilmu-ilmu ini akan mempersiapkan kamu untuk mengambil peran pemimpin di masa depan dan membawa masa depan dunia digital menuju arah yang lebih baik.

Peluang Karir Lulusan Sistem Informasi

Peluang untuk dipekerjakan dalam bidang Sistem Informasi sangat banyak dan bervariasi. Pada dasarnya, semua organisasi, bisnis dari berbagai industri, lembaga pemerintahan, maupun organisasi dan kelompok non-profit, pasti membutuhkan teknologi dalam manajemen informasi. Akibatnya, demand atau permintaan terhadap lulusan bidang Sistem Informasi juga semakin meningkat secara konsisten setiap tahunnya. Beberapa posisi cenderung membutuhkan kemampuan teknis dan analitis yang lebih. Untuk itu, banyak organisasi yang lebih memilih menempatkan lulusan S1 pada posisi tersebut supaya mereka dapat mulai mengenal dan memahami dunia profesional dalam bidang Sistem Informasi.

Dalam kasus-kasus lain, perusahaan bisa jadi menempatkan lulusan Sistem Informasi dalam peran business analyst atau process analyst di bawah pengawasan seorang manajer veteran. Firma atau perusahaan yang bergerak dalam bidang consulting juga merupakan area karir potensial bagi seorang lulusan Sistem Informasi. Apapun perannya dan apapun jenis teknologi yang dilibatkan, seorang lulusan Sistem Informasi akan dapat memberikan nilai lebih bagi organisasi atau perusahaan terutama dalam hal yang berkaitan dengan teknologi dan informasi.

Itulah penjelasan singkat mengenai gambaran umum program studi Sistem Informasi sertai peluang karir lulusannya. Kesimpulannya, bidang ilmu Sistem Informasi adalah bidang ilmu yang sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi global. Karena itu, lulusan program studi Sistem Informasi juga akan memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan.

(JANGAN SAMPAI KETINGGALAN)

Penting! Kabarnya Ustadz Yusuf Mansur melalui STMIK Mahakarya memberikan 333 BEASISWA S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika. Bagi kamu yang ingin sukses di masa depan sekaligus mengurangi beban orang tua, langsung saja klik link berikut :

https://viralkan.bernas.id/lp/1

Jadilan calon penerima beasiswa dari STMIK Mahakarya! Ingat masa depan ada di tanganmu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.