Berita Nasional Terpercaya

Kuliah Atau Kerja Dulu? Dua-Duanya Bisa Enggak, Ya!

0

Bernas.id – Masa lulus dari seragam putih abu-abu adalah masa yang dinantikan karena yang dibayangkan adalah masalah masa-masa penuh kebebasan. Setelah berjibaku dengan ujian nasional kelulusan SMA/SMK memang patut dirayakan. Namun, setelah euforia berlalu ada pilihan tanggung jawab yang lebih besar di depan, mau kuliah atau kerja saja dulu?

Sebaiknya kamu sudah memiliki jawaban itu jauh sebelum masa kelulusan datang. Itu perlu, agar kamu tidak salah mengambil keputusan. Tapi tahukah kamu, jika saat ini kerja sambil kuliah adalah hal yang sangat mungkin dilakukan?

Yang kamu harus lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya soal kampus yang bisa mendukung kamu melakukan kuliah sambil kerja.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berikut adalah kelebihan jika kamu memilih kuliah:

  1. Kampus adalah tempat belajar yang kondusif. Teori hingga praktik dapat dilakukan di tempat ini dengan suasana yang menyenangkan. Di kampus adalah ajang untuk kamu coba-coba melakukan apa saja yang kamu sukai. Kamu pun akan menghasilkan sesuatu apabila menjalankannya sesuai dengan keinginan atau bakat yang kamu miliki.
  2. Mendapatkan ijazah. Setelah kurang lebih 4 tahun kuliah, selain mendapatkan teori dan praktik perkuliahan yang terpenting adalah ijazah. Ada juga orang yang kuliah yang niatnya hanya ingin dapat Ijazah saja untuk menunjang kariernya ke depan. Selain itu ijazah masih menjadi patokan rata-rata perusahaan dalam merekrut karyawan baru dibandingkan pengalaman kerja.
  3. Teman Kuliah sebagai Aset Masa Depan. Dengan lingkungan kampus yang di dalamnya terdapat banyak orang dan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan saat bekerja (8 jam sehari) maka kamu akan lebih punya banyak teman dan waktu untuk bersosialisasi baik itu teman belajar ataupun teman satu hobi.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Berikut adalah kelebihan jika kamu memilih bekerja:

  1. Belajar dari Pengalaman. Bekerja bisa dibilang membuktikan teori yang dipelajari saat kuliah. Tanpa mempelajari teori mungkin kamu akan lebih sulit dalam bekerja namun itu bukanlah sebuah kekurangan karena pengalaman adalah guru terbaik.
  2. Punya Pengalaman kerja Bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.
  3. Jenjang karir. Setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila kita memulai meniti karir lebih awal maka kita dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.

Daripada kamu harus memilih salah satu untuk menjalani kuliah atau kerja dulu kamu, mengapa tidak mencoba menjalani keduanya secara bersamaan?

Baca juga: Inilah 4 Cara Kuliah Sambil Kerja dan 4 Tips Terbaik yang Teruji

Leave A Reply

Your email address will not be published.