Berita Nasional Terpercaya

Hal-Hal yang Menyebabkan Proposal Startup Ditolak Investor

0

BERNAS.ID – Modal merupakan hal penting sebelum memulai usaha. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal, lalu bagaimana bila modal yang dibutuhkan ternyata belum mencukupi dari yang ada di kantong kita? Caranya adalah mencari investor, namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan dalam mencari investor. 

Kalau rencana bisnis Anda yang ingin ditawarkan tepat mengenai sasaran, bukan tidak mungkin mereka pasti langsung mendanai. Namun, bagaimana jika proposal bisnis yang Anda presentasikan tidak bisa meyakinkan para investor?

Pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang mengajukan proposal permodalan ke seorang investor adalah, kenapa proposal kita ditolak padahal idenya sudah bagus?

Berikut ini hal-hal yang bisa membuat proposal bisnis Anda tidak membuat investor tertarik.

Kurang Percaya Diri

Saat sedang menjelaskan tentang betapa menguntungkannya bisnis yang ingin Anda jalani, jangan sampai Anda merasa kurang percaya diri. Yakinkan terus calon investor Anda, kalau saja Anda terlihat tidak percaya diri, bagaimana orang lain juga mau percaya dengan rencana bisnis tersebut.

Tidak Memahami dengan Baik Seputar Industri yang Ingin Dijalani

Ini penting untuk Anda agar memahami dan menguasai apa yang sedang dikerjakan. Misalnya, saat Anda sedang mengajukan proposal untuk bisnis kuliner, tentunya Anda harus tahu tentang segala sesuatunya dari proses memasak sampai jadi makanan. Jangan hanya bermodalkan keyakinan saja tanpa sebuah riset yang jelas. Anda hanya yakin bahwa bisnis makanan akan menguntungkan, tapi ternyata saat dijalankan malah bingung dan tidak bisa sama sekali. Itu bisa menjadi kesalahan fatal.

Tidak Mempunyai Strategi Marketing

Jangan hanya merasa bahwa produk yang Anda presentasikan adalah produk unik, baik, dan akan menjadi laku di pasaran dengan cepat. Okelah kalau itu pemikiran Anda, tapi dengan bisnis yang unik itu bagaimana orang tahu kalau usaha bisnis Anda bisa unggul tanpa strategi pemasaran yang mumpuni?

Perencanaan Balik Modal

Buatlah perencanaan yang rinci tentang anggaran, karena setiap investor pasti butuh bukti bukan hanya sekadar janji. Anda bisa menyediakan perhitungan yang memadai, rinci, dan akurat kapan akan balik modalnya.

Rencana Bisnis yang Ingin Anda Luncurkan Kurang Unik

Contohnya Anda ingin menjual jus, namun hanya jus saja tanpa ada sesuatu yang unik lagi. Itu sama saja dengan produk-produk jus lainnya saja. Hal seperti itu tentunya tidak ada perbedaan signifikan di mata investor.

Rencana Model Bisnis Masih Belum Matang

Sebelum meluncurkan ke publik ide bisnis yang ingin Anda jalani. Sebaiknya pikirkanlah kembali secara matang, dan berbagai kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh investor. Anda harus memposisikan diri Anda sebagai seorang investor.

Hubungan dengan Tim Kurang Baik

Gambaran solid dari sebuah perusahaan adalah kekuatan dan kekompakan tim. Faktor tersebut yang akan membuat perusahaan atau bisnis Anda bisa berkembang, jadi kuatkan terlebih dahulu kekuatan tim Anda, karena kalau tim Anda terlihat tidak solid maka investor juga ragu dalam memberikan investasi.

Menurut Penilaian Investor Tim Anda Belum Mampu Untuk Bekerja di Usaha Tersebut

Bentuklah tim yang kuat dan mumpuni dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Agar investor menilai tim Anda mampu bekerja dengan baik sesuai keahliannya.

Menjalankan bisnis yang membutuhkan modal besar cara terbaiknya adalah mencari investor. Saat Anda sedang mempresentasikan rencana bisnis yang ingin Anda jalani, hal-hal di atas tersebutlah yang harus Anda hindari.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.